Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Santri melalui Pengajian Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo

Yumni'ah, Siti (2023) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Santri melalui Pengajian Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190266_Siti Yumni'ah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Yumni’ah, Siti. 2023. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Santri Melalui Pengajian Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata kunci : Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Pengajian Kitab Fathul Qarib
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah keunikan yaitu kecerdasan spiritual dan emosional santri sebelum dan sesudah mengaji kitab Fath}ul Qari>b. Kecerdasan spiritual ialah kecerdasan untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan makna dan nilai untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam masalah makna yang lebih luas, kecerdasan untuk menilai bahwa perilaku atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Sedangkan, kecerdasan emosional merupakan kecakapan dalam memotovasi diri sendiri dan bertahan menghadapi permasalahan, mengontrol perasaan dan tidak berlebihan dalam kesenangan, mengatur keadaan hati dan menjaga fikiran agar tidak terlumpuhkan dengan adanya beban stres, serta peduli dan berdo’a. Pengajian kitab Fath}ul Qari>b adalah salah satu kegiatan Pondok Pesantren untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pengajian kitab Fath}ul Qari>b di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. 2) Untuk mengetahui evaluasi pengajian kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. 3) Untuk mengetahui dampak pengajian kitab Fath}ul Qari>b dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian lapangan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data yaitu menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Pelaksanaan pengajian kitab Fath}ul Qari>b dilaksanakan sesuai dengan jadwal Madin dimulai pukul 20:00-21:00 WIB, 2) Evaluasi pengajian kitab Fath}ul Qari>b menggunakan teknik tes secara lisan dan tulis dan dilakukan setiap persemester serta evaluasi setelah mengaji kitab Fath}ul Qari>b dilihat ketika santri disiplin dalam mengikuti setiap kegiatan Pondok Pesantren, 3) Dampak adanya pegajian kitab Fath}ul Qari>b yaitu meningkatkan ketaqwaan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam beribadah, senantiasa berserah diri kepada Allah Swt, sopan santun terhadap orang tua dan memotivasi diri sendiri untuk semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:34
Last Modified: 14 Jun 2023 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24490

Actions (login required)

View Item View Item