Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Mata Pelajaran Qur'an dan Hadist Siswa Kelas V di MI Mamabaul Huda Al-Islamiyah Ngabar

Purwati, Pipin (2023) Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Mata Pelajaran Qur'an dan Hadist Siswa Kelas V di MI Mamabaul Huda Al-Islamiyah Ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190169-PIPIN PURWATI-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Purwati, Pipin. 2023. Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Qur’an dan Hadist Siswa Kelas V di MI Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. H. Agus Tricahyo, MA.

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Metode belajar Al Qur’an yang berkembang saat ini begitu banyak. Salah satunya yaitu metode Ummi. Metode ummi adalah metode mengenalkan cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar dengan 3 pendekatan yaitu secara langsung, berulang-ulang dan kasih sayang yang tulus. Metode ini diterapkan di MI Mambaul Huda Ngabar dalam membantu siswa untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an yang mana juga bermanfaat untuk keberlansungan pembelajaran Al-Qur’an Hadist.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran metode ummi di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an dan Hadist siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar, (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an dan Hadist siswa kelas V di MI mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Mambaul Huda Ngabar yang terdiri dari 3 Kelas A, B dan C dengan jumlah 60 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berjenis Expost Facto. Sedangkan untuk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner sederhana untuk mengetahui hasil data penelitian yang telah dilakukan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ummi di MI Mambaul Huda Ngabar diterapkan dengan menggunakan 7 langkah pembelajaran metode Ummi yaitu, Pembukaan, Apresepsi, Penanaman konsep, Pemahaman konsep, Latihan, Evaluasi dan Penutup. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa sesuai dengan ilmu tajwid, makhorijul huruf, tahsinul Qur’an dan waqof. Metode ummi terbukti efektif dalam membantu siswa dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Hal ini berdasarkan olah data yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Al-Qur’an metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an dan Hadist siswa kelas V di MI Mambaul Huda Ngabar Tahun ajaran 2022/2023 sebesar 73% dan selebihnya dipengaruhi faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:07
Last Modified: 14 Jun 2023 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item View Item