STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 4 PONOROGO

Zubaidah, March (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 4 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190008_ALBA WAHYU MARCH ZUBAIDAH_TADRIS IPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Zubaidah, Alba Wahyu March. 2023. Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Rasa Tanggung Jawab Siswa, Pembelajran IPS
Strategi guru merupakan sebuah usaha yang di lakukan oleh guru dalam pembelajaran dalam menyampaikan sebuah materi pada pembelajaran serta membentuk dan meningkatkan karakter siswa salah satunya yaitu tanggung jawab, Hal ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan apa yang perlu di sampaikan dalam pembelajaran dengan membangun kerangka berfikir siswa pada saat kegiatan belajar mengajar sehingga apapun yang di sampaikan bisa di terima dengan siswa.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana (1) Langkah-langkah guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 4 Ponorogo; (2) Faktor apa saja yang menghambat strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 4 Ponorogo; (3) Implikasi dari strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 4 Ponorogo.
Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan subjek dalam penelitian kali ini yaitu siswa-siswi kelas VII SMPN 4 Ponorogo dan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS kelas VII SMPN 4 Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang di temukan bahwa (1) Langkah-langkah yang di gunakan guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa ini dengan cara verbal atau dengan perkataan, kemudian dengan pembiasaan yang di lakukan di kelas dan juga penugasan. (2) Faktor penghambat dalam hal ini ada dari ataupun siswa seperti siswa yang kurang siap dalam pembelajaran, siswa terlalu aktif dan mengganggu temannya dan siswa yang tidak mengumpulkan tugasnya tidak tepat waktu, sedangkan dari guru kurang terjadwalnya strategi tersebut dalam pembelajaran yang terkadang berdampak pada pembelajaran. (3) Implikasi strategi guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa ini yaitu siswa lebih faham kewajiban mereka di kelas, mengumpulkan tugas tepat waktu dan siswa dapat bekerjasama dan interaksi sosial mereka antar teman dapat terjalin dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:02
Last Modified: 14 Jun 2023 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24487

Actions (login required)

View Item View Item