Implementasi Metode Resitasi Dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Kelas VIII A Di SMPN 2 Sampung

Murjiati, Murjiati (2023) Implementasi Metode Resitasi Dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Kelas VIII A Di SMPN 2 Sampung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190180_MURJIATI_PAI.pdf

Download (774kB)

Abstract

ABSTRAK

Murjiati. 2023. Implementasi Metode Resitasi Dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Kelas VIII A Di SMPN 2 Sampung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, M.Si..

Kata Kunci: Implementasi Metode Resitasi, Sikap Kemandirian Belajar, Pembelajaran PAI

Kemandirian belajar PAI merupakan suatu kemampuan peserta didik dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI yang di dorong dengan adanya suatu tanggung jawab, percaya diri, inisatif, disiplin serta motivasi dalam diri peserta didik. Kemandirian belajar peserta didik dapat dilihat dari adanya sikap percaya diri yang dimiliki peserta didik dalam belajar sehingga siswa tidak hanya bergantung kepada temannya, seperti halnya menyontek pada saat mengerjakan tugas dari guru. Dalam hal ini peneliti berusaha mengimplementasikan metode resitasi pada pembelajaran PAI dengan tujuan agar dapat mengembangkan sikap kemandirian peserta didik dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah implementasi metode resitasi dapat mengembangkan sikap kemandirian belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI kelas VIII A di SMPN 2 Sampung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Penelitian ini mengacu pada model Kurt Lewin. Dalam penelitian ini metode yang digunakan terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Di mana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan tes.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap kemandirian peserta didik dalam belajar. Dapat dilihat dari hasil tingkat kemandirian peserta didik dari siklus I ke siklus II, pada siklus I kategori sudah membudaya menunjukkan 0%, kategori sudah berkembang menunjukkan 45%, kategori mulai berkembang menunjukkan 55% dan kategori belum berkembang menunjukkan 0%. Pada siklus II terjadi peningkatan kategori sudah membudaya menunjukkan 25%, kategori sudah berkembang menunjukkan 65%, kategori mulai berkembang menunjukkan 10% dan kategori belum berkembang menunjukkan 0%. Selain itu, juga dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, pada siklus I yang mencapai KKM menunjukkan persentase 40% atau 8 peserta didik, sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 60% atau 12 peserta didik. Sementara pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 80% atau 16 peserta didik, sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 20% atau 4 peserta didik. Dengan demikian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi metode resitasi dapat mengembangkan sikap kemandirian belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI kelas VIII A di SMPN 2 Sampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:51
Last Modified: 14 Jun 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24484

Actions (login required)

View Item View Item