FAKTOR - FAKTOR KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NURUL MUJTAHIDIN MLARAK PONOROGO

Rochmawati, Marshella Putri Anggraini Noor (2023) FAKTOR - FAKTOR KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NURUL MUJTAHIDIN MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190403_MARSHELLA PUTRI ANGGRAINI NOOR ROCHMAWATI_PAI-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rochmawati, Marshella Putri Anggraini Noor. 2023. Faktor - Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Erwin Yudi Prahara. M.Pd.I.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Peserta Didik, Sejarah Kebudayaan Islam.
Pembelajaran menjadi inti dan hal terpenting dalam proses pendidikan, disetiap pembelajaran pasti terdapat problematika yang terjadi, salah satu hambatan yang kerap terjadi yaitu kesulitan dalampembelajaran. Kesulitan belajar merupakan keadaan dimana seorang peserta didik tidak mampu belajar sebagaimana mestinya sehingga membuat peserta didik mendapatkan prestasi belajar yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui apa saja bentuk kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTs Nurul Mujtahidin, (2) Mengetahui apa saja faktor dari kesulitan kesulitan belajar peserta didik di pembelajaran SKI di MTs Nurul Mujtahidin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Guru SKI Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin dan Siswa Kelas VII dan VIII. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data yang telah ditemukan dapat diketahui bahwa : 1) Bentuk kesulitan belajar yang terjadi pada peserta didik di MTs Nurul Mujtahidin yaitu lemahnya pemahaman peserta didik dalam menerima materi dan kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal. 2) Faktor yang menyebabkan adanya kesulitan belajar yang terjadi di MTs Nurul Mujtahidin yaitu terdapat dua faktor yaitu dari faktor internal meliputi konsetrasi, motivasi, kebiasaan belajar serta daya ingat, sedangkan dari faktor eksternal meliputi faktor keluarga serta metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:50
Last Modified: 14 Jun 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24482

Actions (login required)

View Item View Item