PEMANFAATAN INSTAGRAM @MADIUNUMBULSQUARE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG TAMAN WISATA MADIUN UMBUL SQUARE

Mubaroq, Ahmad Bustan Sukron (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM @MADIUNUMBULSQUARE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG TAMAN WISATA MADIUN UMBUL SQUARE. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Ahmad Bustan Sukron Mubaroq.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan media sosial Instagram digunakan oleh masyarakat dalam melakukan banyak aktivitas mulai dari entertainment, melakukan bisnis, mencari info atau aktivitas lainnya. Dengan adanya Instagram yang memiliki jangkauan luas seluruh dunia, masyarakat mula mengubah cara promosi mereka dari yang bersifat konvensional menjadi bersifat modern yaitu mempromosikan dengan menggunakan media sosial. Promosi melalui media sosial akan memengaruhi faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi konsumen akan sebuah produk, yang kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen. Menggunakan media sosial dengan maksud memasarkan produk atau jasanya, memberikan informasi tertentu kepada konsumen dan mempromosikan produk yang dihasilkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Instagram digunakan sebagai media promosi oleh taman wisata Madiun Umbul Square yang dikelola oleh bagian tim Pemasaran dan Kreatif melalui akun Instagram @madiunumbulsquare serta untuk mengetahui respon follower terhadap postingan akun Instagram @madiunumbulsquare . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi kemudian menganalisisnya menggunakan teori bauran pemasaran atau marketing mix serta keterkaitan penggunaan fitur Instagram. Kemudian dilakukan uji validitas data dengan menggunakan metode triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam mempromosikan taman wisata Madiun Umbul Square menggunakan media Instagram berupa post, caption, komentar, hashtag, tag, like, followers, mention, geotagging, Instagram story, live Instagram dan Reels Instgram dapat mendukung proses promosi online dalam memberikan informasi, dan mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke taman wisata Madiun Umbul Square. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa follower, media sosial Instagram efektif dalam meningkatkan minat pengunjung. Dibuktikan dengan pernyataan follower yang mengetahui taman wisata Madiun Umbul Square melalui postingan dari akun @madiunumbulsquare.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ANDHITA RISKO FARISTIANA
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:49
Last Modified: 14 Jun 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24480

Actions (login required)

View Item View Item