Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan Dan Santun) Dalam Mengoptimalkan Kultur Islami Di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Safitri, Diah (2023) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan Dan Santun) Dalam Mengoptimalkan Kultur Islami Di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190047_Diah Safitri_TIPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Safitri, Diah. 2023. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan
dan Santun) dalam Mengoptimalkan Kultur Islami Di SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman
Hakim, M. Pd.
Kata kunci: Pendidikan karakter, budaya 5S, kultur islami.
Pendidikan di era modern perlu digalakkan oleh pihak sekolah. Pendidikan karakter
menjadi sebuah hal yang penting ditanamkan kepada anak, dimana anak bukan hanya mahir dan
pintar saja dalam bidang akademisnya namun, juga harus memiliki karakter yang baik.
Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan budaya 5S.
Budaya sekolah 5S dilakukan SMPN 1 Sambit sudah sejak lama dan menjadi kebudayaan
sekolah, meskipun SMPN 1 Sambit adalah sekolah negeri yang tidak berbasis Islam, namun
budaya Islam ingin terus dioptimalkan. Selain itu, berakhlak atau berbudi pekerti luhur dalam
visi misi sekolah menjadi sesuatu hal yang ingin dicapai melalui 5S, demi mencetak generasi
yang berkarakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penanaman Pendidikan karakter
melalui 5S dalam mengoptimalkan kultur islami di SMPN 1 Sambit Ponorogo; (2) faktor
pendorong dan penghambat penanaman Pendidikan karakter melalui 5S dalam mengoptimalkan
kultur islami di SMPN 1 Sambit Ponorogo; dan (3) hasil pelaksanaan Pendidikan karakter
melalui 5S dalam mengoptimalkan kultur islami di SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif, menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara terstruktur, observasi dan
dokumentasi. Narasumber berasal dari Kepala Sekolah, Guru Pamong IPS, Guru PAI dan siswa
di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model
analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penanaman pendidikan karakter
melalui 5S dalam mengoptimalkan kultur islami di SMPN 1 Sambit Ponorogo dilaksanakan
dengan baik. Adapun cara penanaman melalui keteladanan guru, monitoring (pengawasan),
kerjasama dengan orang tua dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor pendorong
penanaman Pendidikan karakter melalui 5S adalah keinginan sekolah membentuk karakter anak
melalui kebijakan 5S, peraturan ketat budaya 5S dan dorongan dari pihak orang tua untuk
menginternalisasikan budaya 5S di lingkungan keluarga. Sedangkan Faktor penghambat
pelaksanaan pendidikan karakter melalui 5S adalah tidak semua guru berperan menanamkan
budaya 5S, penggunaan Bahasa Jawa oleh siswa ada yang kurang benar, pergaulan siswa di luar
sekolah yang kurang baik dan tidak semua orang tua berperan dalam menanamkan budaya 5S di
lingkungan keluarga. (3) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter melalui 5S dalam
mengoptimalkan kultur islami di SMPN 1 Sambit adalah budaya Islam semakin optimal dengan
5S. Selain membangun ukhuwah Islamiyah, 5S juga membentuk perilaku yang baik. Adapaun
karakter yang muncul dari pelaksanaan budaya 5S adalah karakter kepedulian sosial,
komunikatif, religius dan disiplin. Nilai-nilai luhur tersebut diinternalisasikan melalui budaya 5S
yang diterapkan dengan baik oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:36
Last Modified: 14 Jun 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item