Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Permatasari, Dinda Ayu (2023) Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI DINDA AYU PERMATASARI 201180062.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Permatasari, Dinda Ayu. 2023. Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Retno Widyaningrum, M.Pd.

Kata kunci: Mind Mapping, Minat Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan belajar berlangsung, malas belajar, berbicara dengan teman sebangku, siswa yang telat masuk kedalam kelas, dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh guru, kegiatan belajar yang kurang menarik. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang masih kurang. Adapun hasil yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor internal lingkungan sekolah dan faktor eksternal lingkungan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran mind mapping terhadap minat belajar PAI siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuantitatif. Dengan jumlah sampel 40. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data rumusan satu menggunakan deskriptif kuantitatif dan rumusan masalah dua menggunakan uji Independent T Test dan uji N Gain.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berjalan dengan lancar masuk dalam kategori sangat baik. (2) Pada hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan nilai antara kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana nilai kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan metode pembelajaran mind mapping lebih efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:35
Last Modified: 14 Jun 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item