PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU KURIKULUM PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo)

Abidi, Noor (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU KURIKULUM PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Upload Tesis NIM _502210067 Noor Abidin_Nur Kolis.pdf

Download (5MB)

Abstract

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM
PENINGKATAN MUTU KURIKULUM PENDIDIKAN
(Studi Kasus di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo)

ABSTRAK

Peningkatan mutu kurikulum di madrasah perlu melibatkan pemangku kepentingan dan berdampak pada prestasi siswa, perubahan zaman membutuhkan pengembangan kurikulum dengan partisipasi pemangku kepentingan terkait. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu kurikulum, namun penelitian yang mendetail tentang peran mereka masih terbatas. Studi di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Ponpes Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo menunjukkan keterlibatan kepala madrasah dalam menyusun dan mengevaluasi kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi peserta didik, meskipun dalam praktek penerapan kurikulum terdahulu kepala madrasah masih mengalami kesulitan dalam terapanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepala madrasah sebagai (1) manajer, (2) administrator, dan (3) supervisor dalam meningkatkan mutu kurikulum pendidikan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kontribusi kepala madrasah dalam menyusun dan mengelola kurikulum serta rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di madrasah tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian berada di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. Objek penelitian ini adalah peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan. Untuk mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana, yang mencakup pengumpulan data, keabasahan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan penelitihan ini yaitu, Kepala Madrasah memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan mutu Kurikulum Pendidikan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at PonPes Hudatul Muna-2 Jenes Ponorogo.(1)Sebagai Manager, Kepala Madrasah merencanakan, mengorganisir, dan mengarahkan pelaksanaan kurikulum dengan kompetensi manajerial dengan melakukan perencanaan pelaksaaan kurikulum melalalui rapat awal tahun dengan jajaran staf dan guru, membagi tugas kepada anggota yang berkompeten pada bidangnya, menentukan guru fan pelajaran, serta memastikan terlaksananya program yang telah dicanangkan.(2)Sebagai Administrator, Kepala Madrasah mengelola administrasi kurikulum dan memastikan keselarasan antara rencana dan implementasi kurikulum diantaranya, membuat kalender pendidikan, Memastikan ketersediaan anggaran pembiyayaan pembelajaran, membuat jadwal pelajaran, membagi tugas guru pada fan pelajaran sesuai bidangnya, (3)Sebagai Supervisor, Kepala Madrasah melakukan pengawasan, evaluasi, dan pembinaan terhadap proses pembelajaran, kepala madrasah melakukan kunjungan di madrasah, memberikan masukan kepada guru yang kesulitan serta mengadakan rapat evalusi pembelajaran setiap bulan.
Kata kunci: Peningkatan mutu kurikulum,Peran kepala madrasah,Kurikulum Pendidikan

THE ROLE OF THE MADRASAH HEADMASTER
IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION CURRICULUM
(A Case Study at Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo)

ABSTRACT
Improving the quality of the curriculum in madrasahs needs the involvement of stakeholders and has an impact on student achievement. The changing times require curriculum development with the participation of relevant stakeholders. The role of the madrasah principal in enhancing the quality of the curriculum is crucial, although detailed research on their role is still limited. A study conducted at Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at PonPes Hudatul Muna 2 in Jenes Ponorogo showed the involvement of the madrasah principal in designing and evaluating the curriculum in accordance with the changing times and the conditions of the students, although in the practical implementation of the previous curriculum, the madrasah principal still faced difficulties.
The objective of this research is to analyze the role of the madrasah principal as (1) a manager, (2) an administrator, and (3) a supervisor in improving the quality of the educational curriculum at Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 in Jenes Ponorogo. This research aims to understand the contribution of the madrasah principal in designing and managing the curriculum and provide recommendations for improving the quality of religious education in the madrasah.
This research is conducted using a qualitative approach and a case study design. The research location is Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 in Jenes Ponorogo. The object of this research is the role of the madrasah principal in improving the quality of the educational curriculum. The data collection methods used in this research are interviews, observations, and documentation. Data analysis in this research uses an interactive model developed by Miles, Huberman, and Saldana, which includes data collection, data validity, data condensation, data presentation, and conclusion drawing.
The findings of this research indicate that the madrasah principal plays a significant role in improving the quality of the educational curriculum at Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at PonPes Hudatul Muna-2 in Jenes Ponorogo. As a manager, the madrasah principal plans, organizes, and directs the implementation of the curriculum with managerial competencies. They conduct curriculum implementation planning through an initial meeting with staff and teachers, assign tasks to competent members in their respective fields, determine teachers and subjects, and ensure the implementation of the planned programs. As an administrator, the madrasah principal manages the curriculum administration and ensures the alignment between curriculum plans and implementation, such as creating an academic calendar, ensuring the availability of budget for learning, creating class schedules, and assigning teachers to subjects according to their expertise. As a supervisor, the madrasah principal carries out supervision, evaluation, and mentoring of the learning process. They visit the madrasah, provide feedback to teachers facing difficulties, and hold monthly evaluation meetings.
Keywords: Curriculum quality improvement, Role of madrasah principal, Educational curriculum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:34
Last Modified: 14 Jun 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24464

Actions (login required)

View Item View Item