Pengaruh Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Ma'arif Balong Tahun Pelajaran 2022/2023

Mulyawati, Yuan Rizki (2023) Pengaruh Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Ma'arif Balong Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190476_YUAN RIZKI MULYAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mulyawati, Yuan Rizki. 2023. Pengaruh Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Ma’arif Balong Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’subaidi, M.Ag.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Partisipasi Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan menganalisis permasalahan dan gagasan melalui keterampilan kognitif yang dimiliki dengan terfokus pada tujuan yang dituju. Adanya kemampuan berpikir kritis itu sangat penting dalam Pendidikan karena memungkinkan siswa benar-benar mendapatkan pemahaman yang komplek dari informasi yang disajikan. Pada realita sekarang, masih banyak ditemukan permasalahan yang ditimbulkan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis. Dari hasil observasi awal yang diperoleh melalui wawancara dengan Bapak Junaidi salah satu guru Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong bahwa kemampuan berpikir siswa di MTs Ma’arif Balong yang rendah pada aspek kognitifnya. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Akidah Akhlak disebabkan karena berpikir kritis belum terbangun dalam diri siswa dan kualitas SDM kelas VII belum mumpuni untuk berpikir kritis, dimana terlihat beberapa siswa lebih mengingat mainan yang ada dirumah, kurangnya motivasi dalam diri siswa dan guru kurang memberikan soal yang mengembangkan aspek berpikir kritis anak. Rendahnya kemampuan berpikir kritis itu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada pemahaman siswa yang kurang fleksibel pada permasalahan yang terdapat di dalam pembelajaran. Sehingga kemampuan berpikir kritis harus dilatih, diasah, dan dibangun kebiasaan berpikir kritis pada siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong, (2) menjelaskan pengaruh partisipasi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong, (3) menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan partisipasi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto yang dilaksanakan di MTs. Ma’arif Balong. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Balong dengan jumlah 81 siswa yang diambil dengan teknik jenuh, karena jumlah populasi kurang dari 100, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Adapun instrumen datanya dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji asumsi dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data di peroleh bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong yang ditunjukkan oleh hasil regresi linier sederhana bahwa Fhitung (7,376 ) lebih besar dari Ftabel (3,11) dengan nilai determinasi (R2) yang berpengaruh sebesar 8,5%, (2) partisipasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong yang ditunjukkan oleh hasil regresi linier sederhana bahwa Fhitung (14,083) lebih besar dari Ftabel (3,11) dengan nilai determinasi (R2) yang berpengaruh sebesar 15,1%, (3) Motivasi belajar dan partisipasi siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Balong yang ditunjukkan oleh hasil regresi linier berganda bahwa Fhitung (8,806) lebih besar dari Ftabel (3,11) dengan nilai determinasi (R2) yang hanya memberikan pengaruh sebesar 18,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:28
Last Modified: 14 Jun 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24459

Actions (login required)

View Item View Item