Implementasi Metode Tasmi' Bagi Santriwati Penghafal Al-Qur'an Guna Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo)

Ningsih, Nanda Aprilia Dwi Kusuma (2023) Implementasi Metode Tasmi' Bagi Santriwati Penghafal Al-Qur'an Guna Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Nanda Aprilia_E-thesis fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi, Nanda Aprilia, 2023. Implementasi Metode Tasmī’ Bagi Santriwati Penghafal Al-Qur’an Guna Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A
Kata kunci: Implementasi, Metode Tasmī’, Kualitas Hafalan Al-Qur’an
Tahapan yang paling penting bagi seseorang dalam menghafalkan Al-Qur’an adalah proses yang ditempuh untuk menjaga hafalan tersebut agar tertancap dalam hati dan pikiran sang penghafal. Proses menghafal Al-Qur’an sendiri merupakan aktivitas dengan membutuhkan pikiran yang fokus, dan yang paling utama adalah strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan kualitas hafalan seseorang. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menguatkan atau menjaga hafalan Al-Qur’an diantaranya yaitu dengan murajaah, talaqi, tasmī’ ataupun mengikuti musabaqoh. Metode tasmī’ merupakan metode yang efektif untuk menjaga kualitas hafalan seseorang. Di mana metode tasmī’ ini merupakan metode dengan memperdengarkan hafalan Al-Qur’an kepada orang lain sebagai penyimak.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tujuan implementasi metode tasmī’ yang diterapkan. 2) Mendeskripsikan implementasi metode tasmī’ dalam proses pelaksanaan tahfidzul Qur’an. 3) Mendeskripsikan dampak dari implementasi metode tasmī’ bagi para santri. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview atau dokumentasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Tujuan implementasi metode tasmī’ di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah adalah untuk membantu dan memudahkan para santri dalam menjaga hafalan mereka, serta mampu memperbaiki letak kesalahan yang terdapat dalam hafalan Qur’annya. Selain itu juga menjadikan para santri lebih sering muraja’ah hafalan. 2) Implementasi metode tasmī’ di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah terdiri dari lima program kegiatan, yaitu sema’an Hari Ahad dan Hari Jum’at, tasmī’ uji public, ujian tasmī’ 5 juz, ujian tasmī’ 10 juz sampai dengan 20 juz, dan ujian tasmī’ 30 juz atau yang biasa disebut dengan majelisan 30 juz. 3) Dampak yang diperoleh dengan diterapkannya metode tasmī’ di Pondok Pesantren Al-Munjiyah yaitu santri menjadi termotivasi untuk lebih giat menghafal, menghilangkan rasa gugup saat membaca Al-Qur’an, memelihara hafalan supaya tetap terjaga, melatih para santri agar tidak tergesa-gesa dalam membaca Al-Qur’an, cepat menguasai bacaan Al-Qur’an dengan benar, dan mendorong hilangnya rasa malas. Dengan diterapkannya metode tasmī’ di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah mampu meningkatkan kualitas hafalan para santri. Terbukti dengan setelah santri mengikuti ujian tasmī’, terdapat peningkatan dalam pengucapan tajwid dan penguasaan makharijul huruf serta kelancaran hafalan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:21
Last Modified: 14 Jun 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24456

Actions (login required)

View Item View Item