Pengaruh Self Concept dan Kemandirian Belajar terhadap Keaktifan Peserta didik Kelas 5 di Mi Ma’arif Mayak

Mahardika, Selvia (2023) Pengaruh Self Concept dan Kemandirian Belajar terhadap Keaktifan Peserta didik Kelas 5 di Mi Ma’arif Mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190101_Selvia Mahardika_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mahardika, Selvia. 2023. Pengaruh Self Concept dan
Kemandirian Belajar terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik Kelas 5 di MI Ma’arif Mayak.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing : Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I

Kata Kunci : Self Concept , Kemandirian dan Keaktifan Peserta didik
Keaktifan peserta didik adalah kunci untuk mencapai pembelajaran yang baik. Proses dan kegiatan pembelajaran yang menuntut partisipasi dan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran guna mengubah perilaku peserta didik. Namun dalam proses pembelajaran itu sendiri masih ditemukan perilaku pasif dari peserta didik.Faktor yang mempengaruhi keaktifan peserta didik secara internal meliputi minat, kemandirian belajar, motivasi diri, dan didukung oleh kesehatan jasmani dan rohani yang termasuk dalam konteks konsep diri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh antara self concept terhadap keaktifan peserta didik (2) Ada tidaknya kemandirian belajar terhadap kekaktifan peserta didik (3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikasi antara self concept dan kemandirian belajar terhadap keaktifan peserta didik kelas 5 di MI Ma’arif Mayak.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenispenelitian yang digunakan Expost Facto. Dengan menggunakan analisis data teknik regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket .Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,teknik analisis data regresi berganda dan uji hipotesis dengan bantuan softwere statistik SPSS versi 25.
Hasil penelitian di antaranya : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self concept terhadap keaktifan peserta didik kelas 5 di MI Ma’arif Mayak. Dengan presentase pengaruh konsep diri sebesar 25,6% terhadap keaktifan peserta didik. (2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap keaktifan peserta didik kelas 5 di MI Ma’arif Mayak. Dengan presentase pengaruh kemandirian belajar sebesar 38,8% terhadap keaktifan peserta didik (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara self concept dan kemandirian belajar terhadap keaktifan peserta didik kelas 5 di MI Ma’arif Mayak. Dengan besar pengaruh self concept dan kemandirian belajar terhadap keaktifan peserta didik kelas 5 di MI Ma’arif Mayak sebesar 42,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:20
Last Modified: 14 Jun 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item