..(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI (TTD DI ATAS MATERAI), GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA STEMPEL, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..KESIAPAN FINANSIAL PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM MENCIPTAKAN KELUARGA HARMONIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dispensasi Kawin Di Kabupaten Pacitan)

Rukmono, Dedy (2023) ..(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI (TTD DI ATAS MATERAI), GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA STEMPEL, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..KESIAPAN FINANSIAL PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM MENCIPTAKAN KELUARGA HARMONIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dispensasi Kawin Di Kabupaten Pacitan). Masters thesis, IAIN Ponrogo.

[img] Text
01. revisi tesis p dedy full.docx.doc

Download (944kB)

Abstract

Kasus Penikahan dini di Kabupaten Pacitan di dominasi oleh Usia 16-17 tahun. Rizki menilai, orang tua harus lebih berperan aktif memberikan edukasi kepada anak. Pernikahan dini yang terjadi di Pacitan mengakibatkan kurangnya persiapan finansial pada kedua calon yang akan menjalin hubungan kekeluargaan. Dan tidak sedikit yang berakhir dengan perceraian. Berkaitan dengan permasalahan tersebut peneliti meneliti dengan menggunakan dua rumusan masalah yaitu 1). Bagaimana relasi berkeluarga pasangan suami istri pasca dispensasi kawin terhadap keharmonisan rumah tangga 2). Bagaimana dampak finansial terhadap keharmonisan pasangan suami istri pasca dispensasi kawin di kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa tehnik observasi dan wawancara. Tahapan wawancara tersebut peneliti menggunakan beberapa informan dari kedua jalur pasangan pertama dari jalur pernikahan yang harmonis. Kedua, dari pasangan yang berakhir cerai. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa Faktor ekonomi sangat berpengaruh terhadap keharmonisan dalam rumah tangga. Faktor ekonomi yang dapat menimbulkan konflik yang berkepanjangan dalam keluarga. Kebutuhan yang tidak terpenuhi apabila tidak didasari dengan rasa menerima apa adanya maka akan mengakibatkan perselisihan diantara keduanya sehingga hal itu dapat menimbulkan perselisihan yang tidak ada jalan akhirnya kecuali perceraian.
Kata Kunci : Finansial Keharmonisan Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda, Rohmah Maulidia,
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:16
Last Modified: 14 Jun 2023 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24443

Actions (login required)

View Item View Item