PESAN DAKWAH KAK BAGUS DAN SI UNTUNG DALAM TAYANGAN VIDEO “CITA-CITAKU SUNGGUH MULIA” CHANNEL YOUTUBE GRIYA TILAWAH

Irfani, Muhammad Reza Hidayat (2023) PESAN DAKWAH KAK BAGUS DAN SI UNTUNG DALAM TAYANGAN VIDEO “CITA-CITAKU SUNGGUH MULIA” CHANNEL YOUTUBE GRIYA TILAWAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302180104_Muhammad Reza Hidayat Irfani_Komunikasi Penyiarann Islam_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini media social sangat berarti dan menjadi fenomenal untuk dijadikan sebuh sarana mengakses informasi, memudahkan pekerjaan dalam dunia bisnis dan ekonomi, sekaligus menyampaikan pesan. Pada saat ini internet dapat digunakan sebagai media dakwah sekaligus penunjang kegiatan dakwah. Seperti yang dilakukan oleh ustadz Bagus priyo setyono S.Pt ( Kak Bagus ) Dan Si Untung ( boneka Monyet), Ia viral di media social dengan aksi dakwahnya yang tidak biasa dilakukan oleh penceramah lainya, melainkan menggunakan teman ceramah bernama Si Untung ( bonekah monyet) yang lucu dan bisa berbicara, arti berbicara di sini yaitu dengan suara dari Kak bagus itu sendiri. Dalam berdakwah Kak Bagus mempunyai cirri khas tersendiri dalam penyampaian dakwahnya, tidak sama dengan peneceramah- penceramah yang lain.
Oleh karena itu penulis merumuskan masalah penelitian ini ada 2, yaitu : (1) Apa tanda pesan dakwah, Objek dan Interpretant dalam video Kak Bagus dan si untung dalam tayangan video Cita-Citaku Sungguh Mulia berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Pierce ?(2) Apa pesan dakwah yang terkandung dalam ceramah Kak Bagus dan si untung?. Untuk identifikasi masalah tersebut, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Analisis Semiotika Charless Sanders Pierce, Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kajian pustaka.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, peneliti tertarik untuk untuk mendeskripsikan tanda, Objek Dan Int epretant Video Cita-citaku Sungguh Mulia yang mengandung pesan dakwah. Tidak lain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda, Objek Dan Intepretant pesan dakwah yang terkandung dalam video Cita-Citaku Sungguh Mulia. Penelitian ini melahirkan kesimpulan bahwa dalam video Cita-Citaku Sungguh Mulia terdapat tanda, Objek Dan Intepretant yang menunjukkan tanda pesan dakwah yang berkaitan dengan pembahasan tentang kemuliaan cita-cita diantaranya ajakkan kepada kebaikan dan menjahui hal-hal yang buruk, memebrikan pertanyaan tentang cita-cita agar dalam usia dini dilatih dengan kebaiakn cita-cita, selingan cerita dengan candaan agar dalam cerita tidak terjadi miss komunikasi antara da‟i dan mad‟u, dan ajakan menyanyi tentang lagu cita-citaku ajakan berbuat kebaiakan dengan menggunakan lagu cita-citaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:10
Last Modified: 14 Jun 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item View Item