Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Desa Bajang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Dalam Komunikasi Petani

Ichasannudin, Rivanny nur (2023) Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Desa Bajang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Dalam Komunikasi Petani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
peran gabungan kelompok tani (gapoktan) desa bajang kecamatan mlarak kabupaten ponorogo dalam komunikasi petani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor utama dan penting bagi bangsa Indonesia karena sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. kegiatan pertanian tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Hal ini dikarenakan sektor pertanian sangat tergantung dengan alam, teknologi dan sumberdaya manusia. Permasalahan yang muncul di masyarakat membutuhkan solusi yang cepat, akurat dan mudah diaplikasikan. Oleh karena itu, pusat informasi pertanian menjadi hal yang penting untuk memberikan pelayanan kepada para petani. Gapoktan merupakan lembaga yang menjadi penghubung petani satu desa dengan lembaga-lembaga lain di luarnya. Salah satu Gapoktan yang memiliki komunikasi yang berjalan dengan baik adalah Gapoktan di Desa Bajang. Gapoktan desa Bajang dinilai cukup berhasil menjadi wadah sarana bagi petani dalam meningkatkan pendapatan dan berbagi informasi seputar pertanian di desa Bajang dan sekitarnya. Dalam hal ini, Gapoktan berhasil menjadi wadah komunikasi yang baik bagi para petani. Perlu adanya, pengkajian lebih lanjut mengenai peran Gapoktan Desa Bajang dalam komunikasi petani sebagai kajian yang bermanfaat dan sumber referensi bagi Gapoktan di desa lain.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.Untuk memahami dan menjelaskan peran Gapoktan di Desa Bajang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo sebagai penghubung komunikasi. 2. Untuk mengetahui bagaimana hasil dari upaya Gapoktan dalam menjaga komunikasi petani. Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi maupun wawancara dengan seluruh anggota Gapoktan Desa Bajang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) desa Bajang sudah terbentuk sejak tahun 2009, dan memiliki peran sebagai pengumpul dan penyalur informasi, pemberdayaan ekonomi, perwaki 2007. lan dan advokasi, dan pemberdayaan sosial. 2. Upaya Gapoktan dalam menjaga komunikasi petani memiliki beberapa hasil yang dapat mencakup: penyebaran informasi yang efektif, peningkatan akses ke pasar, penguatan jaringan dan solidaritas petani, dan representasi yang lebih baik dimana gapoktan berperan sebagai penghubung antara petani dan pihak terkait, termasuk pemerintah, lembaga penelitian, dan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:49
Last Modified: 13 Jun 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24436

Actions (login required)

View Item View Item