KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH MIFTAHUL HUDA JENES BROTONEGARAN PONOROGO

Fikri Nailul Arzaq, Agus (2023) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH MIFTAHUL HUDA JENES BROTONEGARAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
a. 502210053_Agus Fikri Nailul Arzaq_Mambaul Ngadhimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi manajerial. Kurangnya kompetensi manajerial kepala madrasah dapat memiliki dampak negatif terhadap mutu pendidikan. Penelitian ini mengasumsikan bahwa kompetensi manajerial kepala madrasah yang baik akan berdampak positif pada mutu pendidikan dan lulusan. Meskipun Kepala Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo sudah memiliki kompetensi manajerial yang baik, namun perlu dilakukan peningkatan dalam mutu pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) kompetensi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) menganalisis implikasi kompetensi kepala madrasah sebagai manajerial dalam meningkatan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo. Objek penelitian ini adalah kompetensi manajerial kepala madrasah dan mutu pendidikan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu: reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo menunjukkan bahwa (1) kompetensi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan; dan (2) implikasi dari kompetensi kepala madrasah sebagai manajer terhadap peningkatan mutu pendidikan meliputi peningkatan prestasi santri, kualitas proses pembelajaran, kualitas guru, kualitas manajemen madrasah, dan kepuasan layanan pendidikan. Rekomendasi umumnya adalah agar kepala madrasah memiliki kompetensi manajerial guna meningkatkan mutu lulusan, kualitas guru, manajemen madrasah, dan memenuhi kepuasan stakeholder dan pelanggan.

ABSTRACT
This research is motivated by the importance of the role of madrasah principals in improving the quality of education through enhancing managerial competence. The lack of managerial competence in madrasah principals can have a negative impact on the quality of education. This research assumes that good managerial competence of madrasah principals will have a positive impact on the quality of education and graduates. Although the Principal of Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo already possesses good managerial competence, there is still a need for improvement in the quality of education.
This research aims to explain (1) the managerial competence of madrasah principals in improving the quality of education, and (2) analyze the implications of the managerial competence of madrasah principals in improving the quality of education at Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo.
This research uses a qualitative approach with a field research design. The research location is Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo. The objects of this research are the managerial competence of madrasah principals and the quality of education. Data collection techniques include interviews, observations, and document analysis. The data analysis technique used is interactive Miles, Huberman, and Saldana, which include data reduction, data display, data condensation, and conclusion drawing.
The results of the research at Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Jenes Brotonegaran Ponorogo show that (1) the managerial competence of madrasah principals in improving the quality of education includes planning, organizing, directing, and controlling; and (2) the implications of the managerial competence of madrasah principals in improving the quality of education include increased student achievements, quality of the learning process, quality of teachers, quality of madrasah management, and satisfaction in educational services. The general recommendation is for madrasah principals to enhance their managerial competence in order to improve the quality of graduates, teacher quality, madrasah management, and meet the satisfaction of stakeholders and customers.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:48
Last Modified: 13 Jun 2023 08:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24433

Actions (login required)

View Item View Item