Kontribusi Muhammadiyah Terhadap Perkembangan PAI Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

IMAMATUSSHOLIHA, IMAMATUSSHOLIHA (2023) Kontribusi Muhammadiyah Terhadap Perkembangan PAI Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190099_IMAMATUSSHOLIHA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Imamatussholiha. 2023. Kontribusi Muhammadiyah Terhadap Perkembangan PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I
Kata Kunci: Kontribusi, Muhammadiyah, PAI
Muhammadiyah sebagai organisasi Islam tertua di Indonesia dan menaruh perhatian besar terhadap pendidikan terutama dalam pendidikan Agama Islam terlihat semenjak sebelum Indonesia merdeka, hingga saat ini. Salah satu pendidikan yang didirkan Muhammadiyah yaitu SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yang visi misi berdasarkan nila-nilai agama Islam dan banyak yang berperan dalam kemajuan SMA Muhammadiya 1 Ponorogo sampai sekolah menjadi sekolah unggulan, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana kontribusi Muhammadiyah terhadap perkembangan pendidikan agama Islam dalam hal ini Majelis Dikdasmen yang menaungi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian bertujuan untuk, pertama mengetahui kontribusi Muhammadiyah terhadap perkembangan PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, kedua mengetahui implikasi dari kontribusi Muhammadiyah terhadap perkembangan PAI di SMA Muhammadiya 1 Ponorogo.
Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini disimpulkan (1) kontribusi materi dan tindakan Muhammadiyah terhadap perkembangan PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo melalui kontribusi materi yaitu dana dan aset, kontribusi dana yaitu AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) Laziz Mu pengalokasian melibatkan Majelis Dikdasmen sebagai monitor, evaluasi, mengawasi dan memberikan arahan dana dan dipusatkan kepada PDM (Pimpinann Daerah Muhammadiyah Ponorogo) namun dikelola sendiri oleh sekolah untuk perkembangan PAI dengan skala prioritas. Kontribusi aset yang terbagi aset bergerak dan tidak bergerak guna mendukung perkembangan PAI. Aset yang bergerak yaitu AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) Laziz Mu dan Pesantren Tahfidz. Aset tidak bergerak yaitu tanah, bangunan, 2 masjid, pondok pesantren. Kontribusi tindakan yaitu pemikiran diaplikasikan kepada pendirian sekolah itu sendiri dan mata pelajaran khusus yaitu ISMUBA (Islam Kemuhammadiyaha dan Bahasa Arab). Kontribusi tindakan melalui dukungan sosial pada pendirian pendidikan dan pendirian lembaga amal usaha milik Muhammadiyah yaitu Laziz Mu serta motivasi. (2) implikasi kontribusi Muhammadiyah terhadap perkembangan PAI di SMA Muhammadiyah secara materi dan tindakan diantaranya, kontribusi materi pada dana melalui Laziz Mu dapat dirasakan dalam membantu siswa yang membutuhkan, membantu dalam kegiatan keagamaan dan pembelajaran PAI, serta kelengkapan fasilitas sekolah. Iimplikasi kontribusi materi pada aset bergerak AUM Laziz Mu dan Pesantren Tahfidz serta Aset tidak bergerak seperti tanah bangunan memberikan kemudahan kepada murid menempuh pembelajaran PAI. Kontribusi tindakan pada pemikiran melalui matapelajaran ISMUBA dapat membentuk pemikiran dan karakter religius siswa. Kontribusi tindakan melalui dukungan sosial seperti motivasi, pengawasan dan keikutsertaan dalam kegiatan keagamaan hingga siswa giat dalam belajar ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:45
Last Modified: 13 Jun 2023 08:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24427

Actions (login required)

View Item View Item