PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BERBASIS KULTUR SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JETIS

Mujianto, Elya Lelin Tri (2023) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BERBASIS KULTUR SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JETIS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
208190015_ELYA LELIN TRI MUJIANTO_TADRIS IPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mujianto, Elya Lelin Tri. 2023. Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial
Berbasis Kultur Sekolah pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri
2 Jetis. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakutas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing.
Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, Kultur Sekolah, Pembelajaran
IPS
Era saat ini, khususnya pada kalangan pelajar adalah usia yang sangat
menentukan bagaimana generasi emas di kemudian hari sehingga perlu di wujudkan
dalam setiap jenjang pendidikan. Degradasi moral ini terjadi pada kalangan pada
pelajar, seperti halnya aksi mbolos sekolah dan juga meminum minuman keras sebagai
mana yang dilansir oleh berbagai media social. Namun, diluar itu masih banyak sekolah
yang menjunjung tinggi nilai-nilai karakter, salah satu nya yakni SMP Negeri 2 Jetis,
yang mana sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki nilai plus pada
karakter peduli sosial yang mana dibuktikan dengan berbagai kegiatan rutin yang
dilakukan lembaga sekolah tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk a) mendeskripsikan langkah-langkah
penerapan pendidikan karakter peduli sosial berbasis kultur sekolah pada pembelajaran
IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Jetis, b) untuk mendeskripsikan faktor penghambat
penerapan pendidikan karakter peduli sosial berbasis kultur sekolah pada pembelajaran
IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Jetis, c) untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan
penerapan pendidikan karakter peduli sosial berbasis kultur sekolah pada pembelajaran
IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Jetis.
Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan subjek dalam penelitian kali ini yaitu
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jetis, 1 guru BK SMP Ngeri 2 Jetis, 1 guru mata
pelajaran IPS SMP Negeri 2 Jetis, siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Jetis. Tehnik
pengumpulan data pada penelitian ini mengggunakan tehnik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisa Miles,
Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
data dan tehnik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) langkah-langkah yang dilakukan
sekolah adalah evaluasi, koordinasi, dan bersinergi dengan semua stakeholder sekolah.
2) Di SMP Negeri 2 Jetis juga memiliki beberapa faktor penghambat dalam
pelaksanaan penerapan pendidikan karakter pedui sosial berbasis kultur sekolah yakni
berasal dari anak, sikap pendidik, dan lingkungan. 3) Hasil pelaksanaan penerapan
pendidikan karakter peduli berbasis kultur sekolah dapat diketahui yakni melalui 3
aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIF RAHMAN HAKIM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:43
Last Modified: 13 Jun 2023 08:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item