Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ar-Rohman Tegalrejo Magetan

Ruba'i, Muhammad Nur (2023) Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ar-Rohman Tegalrejo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190480_MUHAMMAD NUR RUBA'I_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Nur Ruba’i. 2023. Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ar-Rohman Tegalrejo Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.

Kata kunci: Implementasi, metode kisah, motivasi belajar.

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan pendidik sebagai sarana penunjang tercapainya tujuan pendidikan, meningkatkan motivasi belajar siswa sangat diperlukan, sebagai bekal peserta didik dalam melakukan proses pendidikan. Di era kemajuan zaman ini tentu seorang pendidik memerlukan sebuah terobosan dalam meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar, hal tersebut bertujuan untuk memancing respon peserta didik serta memupuk sikap kritis peserta didik agar antusias dalam mengikuti pembelajaran dan mendapatkan motivasi belajar untuk terus memperluas ilmu pengetahuan peserta didik.
Melihat permasalahan yang sering muncul pada proses pembelajaran di era ini, yaitu kurangnya respon siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memancing respon peserta didik adalah metode pembelajaran kisah, metode yang ada sejak zaman nubuwah. Metode ini diimplementasikan dengan cara memberikan jeda saat guru menjelaskan materi dengan menceritakan kisah inspiratif kepada peserta didik agar peserta didik dapat mengambil pembelajaran di dalam cerita yang disampaikan, di dalam metode kisah cerita yang disampaikan dapat digunakan sebagai sarana mendekatkan pemahaman dengan mendeskripsikan materi dibungkus dengan cerita dan juga bisa untuk memberikan motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini difokuskan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Ar-Rohman Tegalrejo, sebagaimana permasalahan yang muncul di lembaga pendidikan tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1.) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Ar-Rohman Tegalrejo menggunakan metode kisah. (2.) Faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam proses pembelajaran menggunakan metode kisah. (3.) Implikasi pembelajaran menggunakan metode kisah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penggalian data dalam metode penelitian ini dilakukan dengan cara, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang berhasil didapatkan dalam penelitian ini adalah: pertama, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan metode kisah berjalan dengan baik, sebagian guru menggunakan metode tersebut sebagai upaya keberhasilan proses Pendidikan. kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam mengimplementasikan metode kisah. ketiga, terdapat implikasi positif setelah diimplementasikan metode kisah terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SUGIYAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:42
Last Modified: 13 Jun 2023 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item