Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Successful Aging Pada Lansia Di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro

Mirnawati, Neli (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Successful Aging Pada Lansia Di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRISI_PUBLIKASI_NELI_MIRNA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mirnawati, Neli. 2023. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Successful Aging Pada Lansia Di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Faruk, M.Fil.I.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Successful Aging, Lansia.

Successful Aging merupakan suatu kondisi dimana lansia tidak hanya berumur panjang, namun berumur panjang dalam kondisi sehat sehingga memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara mandiri, tetap berguna dan memberikan manfaat bagi keluarga dan lingkungan sosial. Lansia di Desa Malingmati memiliki umur yang panjang, namun terdapat banyak lansia yang merasakan sakit di usia senja nya, sehingga membuat lansia tidak produktif, dan tidak mandiri sehingga harus bergantung dengan anggota keluarganya. Salah satu cara yang dapat membantu lansia agar produktif dan mencapai masa tua yang berhasil (Successful Aging ) adalah dukungan sosial.
Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat dukungan sosial dan successful aging pada lansia di Desa Malingmati serta mengetahui bagaimana hubungan dukungan sosial dengan successful aging. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis Korelasi Product Moment dengan sampel 53 lansia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria lansia berusia 60-70 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi, uji statistik, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan successful aging pada lansia, ditunjukkan dengan korelasi Nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial maka semakin tinggi tingkat successful aging pada lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:41
Last Modified: 13 Jun 2023 08:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24416

Actions (login required)

View Item View Item