ANALISIS KESETARAAN GENDER TERHADAP PEMIKIRAN KH HUSEIN MUHAMMAD TENTANG RELASI SUAMI ISTRI

Pamungkas, Muchtar Wahyudi (2023) ANALISIS KESETARAAN GENDER TERHADAP PEMIKIRAN KH HUSEIN MUHAMMAD TENTANG RELASI SUAMI ISTRI. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
503210033_MUCHTAR WAHYUDI PAMUNGKAS_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perbedaan pendapat antara para fuqaha dengan Kiai Husein tentang relasi suami istri. Dalil-dalil fiqih dalam menyelesaikan masalah-masalah perkembangan zaman disikronkan oleh kiai Husein Muhammad dengan menggunakan teori kesetaraan gender.
Penelitian ini termasuk penelitian yang menggali data dengan wawancara tokoh yang terkait dan juga menggali data dari karya-karya atau dikenal dengan library research. Library research dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu menggunakan bersumber dari karya-karya kiai Husein Muhammad. Dan data sekunder dari pemikiran-pemikiran atau karya tokoh-tokoh lain.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penjelasan kesetaraan gender menurut kiai Husein Muhammad, analisis kesetaraan gender menurut kiai Husein Muhammad tentang relasi suami istri, dan juga peran ganda istri pencari nafkah menurut kiai Husein Muhammad.
Temuan yang diperoleh adalah kesetaraan gender menurut kiai Husein Muhammad adalah bukan dari jenis kelamin, baik dari perempuan ataupun laki-laki, tetapi gender adalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang diciptakan sendiri bukan dari Tuhan, atau potensi yang dapat diciptakan sendiri oleh individu masing-masing. Dan terbentuknya relasi suami istri seperti larangan istri keluar rumah, istri sebagai pencari nafkah dan hak istri dalam menolak hubungan seksual dijawab oleh kiai Husein dengan teori kesetaraan gender, yang mana muncul suatu keringanan uintuk kaum perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:40
Last Modified: 13 Jun 2023 08:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24415

Actions (login required)

View Item View Item