STRATEGI COPING STRESSS DALAM MENGHADAPI DOUBLE BURDEN MAHASANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-MUQORROBIN RONOWIJAYAN, SIMAN, PONOROGO

Fitriandita, Jois Oktavina (2023) STRATEGI COPING STRESSS DALAM MENGHADAPI DOUBLE BURDEN MAHASANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-MUQORROBIN RONOWIJAYAN, SIMAN, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI REVISI ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stres merupakan bentuk gangguan mental yang melekat pada kehidupan manusia yang dapat dialami siapa saja dalam kadar yang berbeda. Dalam konteks mahasantri terdapat beban akademik, kegiatan kampus, serta tuntutan kegiatan pondok pesantren sebagai salah satu tanggung jawab sebagai mahasantri yang harus dipenuhi dalam memenuhi tugas perkembangan tersebut, tak jarang ditemukan masalah-masalah yang memicu timbulnya stres. Stres yang sedang dialami oleh seseorang dapat diatasi dengan melakukan pengelolaan stres yang di dalam ilmu psikologi dikenal dengan sebutan strategi coping stresss. Berdasarkan paparan data diatas tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk stres, strategi coping stresss, dan hasil coping stresss yang dilakukan oleh mahasantri tahfidz.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolah data yang berupa kata-kata, tentang gambaran umum yang terjadi di lapangan. Lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Ronowijayan, Siman, Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk stres mahasantri tergolong pada bentuk stres sedang. Coping stresss yang di gunakan oleh para mahasantri adalah strategi coping stresss yang berfokus pada masalah dan emosi. dan hasil Strategi coping stresss yang dilakukan oleh para mahasantri memiliki hasil yang baik sehingga berdampak positif terhadap kegiatan sehari-hari para mahasantri.

Kata Kunci : Coping stresss, Mahasantri, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:36
Last Modified: 13 Jun 2023 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24409

Actions (login required)

View Item View Item