Dampak Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Desa Cekok

Mukhtarotul Azizah, Afifah (2023) Dampak Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Desa Cekok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Afifah_Mukhtarotul _Azizah ethesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Azizah, Afifah Mukhtarotul. 2023. Dampak Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial di Desa Cekok (Studi Kasus di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo).Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Iswahyudi, M.Ag.

Kata Kunci:Media Sosial, Interaksi Sosial
Penelitian ini membahas mengenai fenomena media sosial yang makin hari makin menguasai dunia. Penelitian ini dilatarbelakangi dari dahsyatnya gelombang globalisasi yang membawa perubahan bagi masyarakat, khususnya remaja masa kini. Remaja dengan keadaan emosional dan fisik yang jauh dari kata stabil, mulai menggantungkan hidupnya pada dunia tak nyata, dunia maya namanya, yang muncul dalam berbagai platform sosial media. Hidupnya remaja pada dunia tersebut perlahan mulai meninggalkan dunia sesungguhnya, yang ditandai dengan berkurangnya interaksi sosial antar sesama makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial di kalangan remaja di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dan Untuk mengetahui akibat dari penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial remaja di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi disertai analisis mendalam terhadap keabsahan isi informasi yang diperoleh. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, mencakup informasi darilurah desa Cekok, para remaja desa Cekok, serta orang tua dari remaja yang bersangkutan. Sedangkan sumber data sekunder berupa informasi melalui orang lain atau melalui catatan/dokumen, teks, gambar, suara dan kombinasi dari ketiganya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa penggunaan media sosial oleh kalangan remaja di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo antara lain sebagai sarana hiburan, penyebaran informasi, silaturrahmi dengan saudara jauh, sarana belajar dan mengajar dan sebagai sarana jual beli. Media sosial memberikan dampak yang cukup jelas bagi remaja di Desa Cekok Kecamatan Badan Kabupaten Ponorogo ditunjukan dengan banyaknya remaja yang gemar menyendiri, tidak mau bergaul dengan orang lain serta berkurangnya waktu belajar yang semula 9 jam kini hanya 4 jam saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:32
Last Modified: 13 Jun 2023 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24405

Actions (login required)

View Item View Item