Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhadap Prokrastinasi Akademik Remaja Kelas VII di SMPN 1 Babadan Ponorogo

Lafifah, Muliatul (2023) Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhadap Prokrastinasi Akademik Remaja Kelas VII di SMPN 1 Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi watermark w.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lafifah, Muliatul. 2023. Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhadap Prokrastnasi Akademik Remaja Kelas VII di SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo, Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fadhilah Rahmawati S.S, M. Si.
Kata Kunci : Intenistas Penggunaan, TikTok, Prokrastinasi Akademik, Remaja

Salah satu aplikasi media sosial yang marak digunakan oleh remaja saat ini adalah aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok merupakan sebuah platform berbagi video mikro yang memungkinkan pengguna membuat video pendek, berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit untuk kemudian dibagikan dengan komunitas TikTok yang lebih luas. Selain untuk hiburan, aplikasi ini juga bermanfaat untuk saling bertukar kabar dan memuat informasi dalam jangkauan yang lebih luas. Aplikasi media sosial ini digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak.
Dampak negatif penggunaan aplikasi TikTok bagi remaja yang sedang dalam proses belajar di rumah antara lain adalah berkurangnya waktu belajar. Terlalu lama mengakses aplikasi TikTok akan mengurangi jatah waktu belajar. Selain itu remaja akan menjadi malas, tidak mengerjakan tugas, meninggalkan kewajiban belajarnya hanya karena ingin selalu mengakses aplikasi TikTok, sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia. Perilaku menunda-nunda pekerjaan akademik ini disebut prokrastinasi akademik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara intensitas penggunaan TikTok dengan prokrastinasi akademik remaja, khususnya siswa kelas VII di SMPN 1 Babadan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Adapun besaran sampel pada penitian ini sebanyak 93 responden. Hasil dari penelitian ini mendapatkan nilai analisis regresi sederhana sebesar 0,000 < 0,05 dengan t-hitung 3,801 > t tabel 1,661. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima dengan kata lain intensitas penggunaan TikTok berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik remaja kelas VII di SMPN 1 Babadan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhila Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:24
Last Modified: 13 Jun 2023 08:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24399

Actions (login required)

View Item View Item