Implementasi Strategi Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Noviana, Lailatul Yogi Ayu (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190126_LAILATUL YOGI AYU NOVIANA_PAID.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Noviana, Lailatul, Yogi Ayu. 2023. Implementasi Strategi Pembelajaran Card Sort dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong Sukorejo, Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M. Ag.
Kata Kunci: Peningkatan, Minat Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran, Card Sort, Aqidah Akhlak.
Pendidikan agama Islam adalah sebuh study yang mengajarkan peserta didik tentang keimanan terhadap Tuhan, tata cara bersosialisasi, dan juga aturan-aturan yang harus ditaati dalam kehidupan yang Bergama. Guru sebagai penyalur ilmu untuk siswa terkadang menggampangkan langkah-langkah dalam proses pembelajaran, sehingga akan berakibat pada penurunan minat belajar siswa terhadap suatu mata pelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan masih banyak siswa yang pasif terhadap proses pembelajaran, selain itu masih banyak peserta didik yang tidur ketika proses pembelajaran berlangsung, tak jarang juga masih banyak peserta didik yang melakukan pekerjaan lain yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran, serta masih banyak peserta didik yang memilih berbicara dengan teman sebangkunya ketika guru menjelaskan materi. Peneliti juga menemukan siswa yang tidak mengerjakan perintah atau tugas dari guru, sehingga terlihat bahwa siswa tidak bergairah atau tidak antusias terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Dari hasil observasi awal tadi peneliti menyimpulkan bahwa peserta didik masih menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar. terlihat ketika guru bertanya kepada siswa, masih sedikit siswa yang menjawab pertanyaan tersebut, siswa lebih banyak diam ketika guru bertanya, banyak siswa yang takut salah dalam menjawab serta tidak berani dalam mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak, selain itu metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dirasa membosankan dan kurang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan minat belajar kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong serta untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing masing siklus terdapat dua tindakan. Disetiap tindakannya terdapat empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa denganJpenerapanAstrategi pembelajaranKCardUSortHdapatAmeningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan (Mean) rata-rata minat belajar pada siklus 1 sebesar 59% meningkat pada siklus II sebesar 80,83%.Dengan penerapanHstrategi pembelajaranJCardUSortPdapatHmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIIIA MTs An-Najiyyah Lengkong. Dengan (Mean) rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,2 lalu meningkat pada siklus II sebesar 81,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:22
Last Modified: 13 Jun 2023 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24393

Actions (login required)

View Item View Item