Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Wajib Dalam Meningkatkan Minat Baca Santri Tingkat Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo)

Fikri, Muhammad Nur (2023) Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Wajib Dalam Meningkatkan Minat Baca Santri Tingkat Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303180026_MUHAMMAD NUR FIKRI_BPI_.pdf

Download (891kB)

Abstract

Muhammad Nur Fikri, 2023. Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Wajib Dalam Meningkatkan Minat Baca Santri Tingkat Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. M. Irfan Riyadi, M.Ag.

Kata kunci: Bimbingan kelompok, Minat Baca Santri

Bimbingan kelompok merupakan salah satu metode yang bisa mengarahkan santri untuk lebih semangat demi mencapai suatu keinginan minat baca santri yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak menjadi lebih baik, dan memfasilitasi pertumbuhan pribadi, menghargai dan meningkatkan kemampuan pribadi, trampil serta cara bergaul yang baik, bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk memotivasi santri untuk lebih meningkatkan minat baca santri yang kurang semangat dalam belajar dapat termotivasi dan bisa menemukan tujuan belajarnya.
Maka perlu ada penelitian mengenai bimbingan kelompok di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok belajar wajib dalam meningkatkan minat baca pada santri Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca santri tingkat Madrasah Tsanawiyah. Upaya yang diambil untuk Meningkatkan Minat Baca Pada Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Wajib Santri Tingkat Madrasah Tsanawiyah. untuk menggali data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Temuan penelitian ini kegiatan layanan bimbingan belajar wajib dilaksanakan pukul 21:00-22.00 kemudian santri menempati kelompok yang telah ada dan memulai kegiatan belajar yang didamping oleh panitia pelaksana. Faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca disebabkan oleh: musrifin yang kurang aktif, lingkungan dan teman sebaya atau kelompok belajar santri. Upaya yang diambil untuk meningkatkan minat baca santri tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah membuat jadwal kunjungan wajib bagi santri seminggu sekali ke perpustakaan, dan membiasakan santri untuk membaca selama 10 menit setiap seminggu sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irvan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:57
Last Modified: 13 Jun 2023 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24387

Actions (login required)

View Item View Item