Tingkat Literasi Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Soboguno Tentang Perbankan Syariah

Hidayah, Laili Nurul (2023) Tingkat Literasi Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Soboguno Tentang Perbankan Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI _LAILI NURUL HIDAYAH_402180163_Etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayah, Laili Nurul. “Tingkat Literasi Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Soboguno Tentang Perbankan Syariah.” Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci : Perbankan Syariah, Tingkat Literasi.
Literasi mengenai perbankan syariah merupakan hal yang sangat penting dimiliki dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat pada zaman modern seperti ini. Literasi keuangan merupakan sebuah proses serta suatu kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, kesadaran, keterampilan, dan kemampuan mengelola keuangan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan layanan jasa keuangan, terutama jasa keuangan syariah demi mencapai kesejahteraan dan mewaspadai keadaan atau suatu kondisi keuangan dimasa yang akan datang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Soboguno tentang perbankan syariah dan mengetahui faktor yang mempengaruhi literasi santri tentang bank syariah serta dampak dari literasi santri terhadap minat menggunakan jasa bank syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data di lapangan menggunakan pola berfikir induktif dan di cek menggunakan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini mewawancarai sebanyak 11 santri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 santri yang paham dan mengetahui tentang perbankan syariah, terdapat 2 santri yang hanya paham sedikit yaitu perngertian secara umum saja, dan terdapat 7 santri yang tidak atau belum paham mengenai perbankan syariah. Sehigga didapatkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan hasil 51%, dan sesuai dengan pedoman jika hasil analisis data literasi <60% maka termasuk tingkat literasi yang rendah. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi literasi santri Pondok Pesantren Hidatayul Mubtadi’in (PPHM) Soboguno yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi literasi santri PPHM adalah usia yang dapat dikatakan hanya memikirkan tentang kegunaan dibandingkan apakah jasa yang digunakan sesuai atau tidak dengan syariah islam, pengalaman yang kurang di bidang perbankan. sedangkan dari faktor eksternal yaitu latar belakang pendidikan, lingkungan, informasi yang diperoleh. Dampak dari literasi santri terhadap minat menggunakan jasa bank syariah adalah dari 9 santri yang tidak menggunakan bank syariah hanya 3 santri yang menyatakan sudah minat dengan bank syariah namun masih enggan menggunakan. dan 6 lainnya menyatakan belum minat dengan bank syariah, sehingga minat menggunakan banksyariah masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:50
Last Modified: 13 Jun 2023 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item View Item