Upaya Majelis Taklim Dalam Menanamkan Karakter Religius Masyarakat Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Fauzi, Afwan (2022) Upaya Majelis Taklim Dalam Menanamkan Karakter Religius Masyarakat Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317341_AFWAN FAUZI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Afwan Fauzi. 2022, Upaya Majelis Taklim Dalam Menanamkan Karakter Religius Masyarakat Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Wilis Werdiningsih, M. Pd. I
Kata Kunci : Majelis Taklim, Karakter, Karakter Religius,
Seiring berkembangnya waktu, pemahaman seseorang dalam memahami nilai-nilai keagamaan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pentingnya pendidikan keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tidak cukup hanya melalui pendidikan formal di sekolah saja, namun pendidikan keagamaan juga perlu diperoleh melalui pendidikan yang ada di lingkungan masyarakat. Salah satunya melalui majelis taklim sebagai wadah masyarakat untuk mendalami nilai-nilai keagamaan yang ada di Desa Lengkong, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Majelis taklim ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat Desa Lengkong, termasuk para remaja, orang tua dan lansia. Pelaksanaan kegiatan Majelis Taklim di desa Lengkong memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada seluruh warga masyarakatnya, yang mana masyarakat Desa Lengkong yang belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan pentingnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan mereka termasuk dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius ke dalam jiwa mereka.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan Majelis Taklim, dan juga mengenai hasil dari upaya kegiatan Majelis Taklim di desa Lengkong terhadap peningkatan karakter religius masyarakat desa Lengkong. (2) untuk menjelaskan tentang strategi Majelis Taklim di desa Lengkong dapat meningkatkan karakter religious masyarakatnya. (3) untuk menjelaskan tentang hasil pelaksanaan kegiatan Majlis Taklim di desa Lengkong, Sukorejo Ponorogo
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan majelis taklim di Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Ponorogo dilaksanakan pada setiap hari jumat pagi. Yang dimana kegiatan jumat pagi ini berupa pengajian atau kajian yang membahas kitab Nashoihul Ibad karangan dari Syech Nawawi Al-Bantani. Sedangkan setiap jumat legi diadakan bahsul masail atau tanya jawab mengenai seputar keagamaan. (2) Strategi majelis taklim dalam menumbuhkan karakter religius pada masyarakat Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo adalah (a) Pengajian rutin setiap jumat pagi (b) Rutinan tadarus Al-Qur’an (c) Pelatihan alat musik rebana/hadroh. (3) Hasil upaya pelaksanaan kegiatan majelis taklim di Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo adalah (a) Pembinaan keimanan (b) Pendidikan keluarga sakinah (c) Tempat belajar ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:12
Last Modified: 13 Jun 2023 08:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24384

Actions (login required)

View Item View Item