Inferiority Compleks Pada Remaja Di SMK Negeri 1 Badegan

Susiani, Dwi (2023) Inferiority Compleks Pada Remaja Di SMK Negeri 1 Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Dwi Susiani .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang banyak tuntutan untuk menjadi individu yang mampu menyesuaikan diri pada kondisi saat ini semakin tinggi, akan tetapi bagaimana bila individu tidask mampu mengekspresikan diri ataupun menunjukan kelebuihan yang mereka miliki disebabkan oleh kurangnya minat sosial dan lingkungan. Maka akan terjadi hambatan pada diri mereka yang mengganggu kegiatan sehari- hari, interaksi dengan orang lain secara optimal, bahkan menghambat potensi yang mereka miliki. Penulis meneliti tentang ketidak seimbangan yang menyebabkan hambata pada masa perkembangan remaja yang disebabkan oleh inferiority compleks. Hambatan yang berupa inferiority compleks yang membuat beberapa remaja mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , (1) Penyebab terjadinya inferiority compleks pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo, (2) untuk mengetahui dampak yng timbul akibat dari inferiority compleks yang terjadi pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo, (3) untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi inferiority compleks pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dalam tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil bahwa: (1) penyebab inferiority compleks pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo terjadi karena faktor yang berbeda- beda meliputi faktor perbedaan fisik remaja satu dengan yang lainnya, gaya hidup yang diterapkan oleh orang tua, pengamanan diri, dan minat sosial yang tidak berkembang, serta kurangnya pengarahan dariorang tua kepada anak. (2) Dampak yang ditimbulkan akibat dari inferiority compleks pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo berbeda- beda pada beberapa siswa, beragam pengaruh terjadi pada remaja yang menghambat diri mereka untuk mengkespresikan diri. (3) Dalam mengatasi dari inferiority compleks pada remaja di SMK Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo ada yang mampu mampu mengatasi perasaan inferiority compleks dan mau membuka diri dan ada yang belum mampu mengatasi perasaan inferiority compleks dan masih kesulitan untuk membuka diri. Remaja yang mengalami perasaan inferiority compleks beberapa mengalami kesulitan untuk mengenali bakat dan minat yang mereka miliki.
Kata Kunci : Inferiority compleks, Remaja, Hambatan Perkembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:57
Last Modified: 13 Jun 2023 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24383

Actions (login required)

View Item View Item