Manajemen Perubahan dalam Integrasi Kurikulum di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah Sukorejo Ponorogo

Fathoni, Syahrul (2023) Manajemen Perubahan dalam Integrasi Kurikulum di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502190042_Syahrul Fathoni_Upload Ethesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fathoni, Syahrul, 2023. Manajemen Perubahan dalam Integrasi Kurikulum di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci:Manajemen Perubahan, Integrasi Kurikulum.
Kurikulum merupakan alat dasar atau blue print dari pembelajaran dan pengajaran. Menurut Pasal 1 angka 8 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah telah membagi tahapan dan jenjang Pendidikan menjadi tiga, yakni dasar, menengah dan atas. Madrasah Aliyah (MA) dalam KMA Nomor 370 Bab I Pasal 1 ayat 1 disebutkan sebagai sekolah menengah umum yang berciri khas agama islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama sementara SMK merupakan satu jenis satuan pendidikan formal yang melaksankan pendidikan kejuruan. MA Darul Falah dan SMK Darul Falah Sukorejo Ponorogo merupakan dua lembaga yang mengitegrasikan kurikulum mereka satu sama lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan manajemen perubahan dalam integrasi kurikulum di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah dengan fokus pembahasan: 1. Perencanaan manajemen perubahan integrasi kurikulum, 2. Pelaksanaan manajemen perubahan integrasi kurikulum, 3. Evaluasi Pelaksanaan manajemen perubahan integrasi kurikulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, lokasi penelitian di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Objek penelitian ini adalah manajemen perubahan pada integrasi kurikulum. Adapun untuk metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan peneliti tentang perencanaan MA Darul Falah dan SMK Darul Falah dalam perencanaanya melakukan diagnostic situasional, penentuan tentang keadaan organisasi saat ini dari segi penataan pemangku kebijakan, identifikasi penolakan, besaran perubahan yang ingin dilakukan, dan terakhir adalah asesmen atau uji kesiapan organisasi, selanjutnya mencetuskan berbagai pilihan strategi, terakhir adalah mencetuskan kebijakan. Manajemen Perubahan dalam integrasi kurikulum yang terjadi di MA Darul Falah dan SMK Darul Falah adalah tiga kegiatan inti berupa komunikasi perubahan, penentuan mode kurikulum, serta pemaduan konsep kurikulumnya. Komunikasi perubahan dilakukan dengan menyampaikan semua hal tentang integrasi kurikulum pihak yang terlibat. Model integrasi kurikulum yang dianut adalah model tematik, mengkolaborasikan beberapa mata pelajaran yang memungkinkan adanya keterkaitan, proses terakhir adalah memadukan konsep antar mata pelajaran. Evaluasi manajemen perubahan dalam integrasi kurikulum, MA Darul Falah dan SMK Darul Falah dilakukan dengan koordinasi dan survey lapangan. Survey lapangan, dilakukan oleh inisiator program juga berdasarkan beberapa indicator yang sudah ditentukan sebelumnya.. Setelah mengumpulkan berbagai laporan dan kendala yang dialami oleh guru dan siswa, inisiator bersama kurikulum untuk pemecahan strategi serta merumuskan kebijakan untuk minggu berkutnya.
Hasil temuan menunjukkan: manajemen perubahan dalam integrasi kurikulum yang dilakukan oleh MA dan SMK Darul Falah dapat berpengaruh kepada peningkatan kualitas siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:56
Last Modified: 13 Jun 2023 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item View Item