..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Gaya Bahasa Dalam Al-Qur'an (Analisis Tasybi>h Pada Surat Al-A'raf)

Khasanah, Kholifatul (2023) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Gaya Bahasa Dalam Al-Qur'an (Analisis Tasybi>h Pada Surat Al-A'raf). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kholifatul Khasanah, 2023. Gaya Bahasa dalam Al-Qur’an (Analisis Tasybi>h pada Surat al-A’ra>f ) Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, M.A.
Kata kunci: Gaya bahasa Al-Qur’an, Surat al-A’ra>f , Tasybi>h.
Gaya bahasa al-Qur’an adalah cara atau metode yang khas dan berbeda dengan yang lain dalam menyusun kalam serta pemilihan lafaz}-lafaz} yang digunakan. Dengan begitu al-Qur’an memiliki cara atau metode sendiri dalam menyampaikan berita yang menjadi ciri khasnya dan berbeda dengan gaya bahasa sastra lainnya. Gaya bahasa dalam al-Quran sendiri memiliki banyak jenis atau macamnya. Salah satu yang termasuk dari gaya bahasa al-Qur’an adalah tasybi>h. Tasybi>h sendiri merupakan ungkapan yang menyatakan bahwa sesuatu mempunyai persamaan dengan sesuatu yang lainnya dengan menggunakan penanda persamaan atau perbandingan. Dan dari ungkapan tersebut Al-Qur’an berusaha menyampaikan maksud yang terkandung dalam setiap ayat-ayatnya.
Berangkat dari hal di atas, maka penulis tertarik menjadikannya sebagai bahan penelitian untuk tugas akhir penulis dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan macam-macam gaya bahasa tasybi>h yang digunakan al-Qur’an dalam surat al-A’ra>f, (2) Menjelaskan fungsi dari penggunaan gaya bahasa tasybi>h tersebut dalam al-Qur’an surat al-A’ra>f. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dengan dokumentasi yang mengambil sumber dari al-Qur’an dan kitab-kitab tafsir. Analisis yang digunakan adalah dengan metode deskriptif-analitik, yakni pengumpulan dan penyusunan data dalam bentuk deskripsi dan disertai dengan analisis terhadap data yang telah diperoleh tersebut lalu menarik kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan ada 3 macam tasybi>h yang terdapat dalam 4 ayat QS. al-A’ra>f yang mengandung tasybi>h yaitu; tasybi> mursal pada ayat 57, tasybi>h tamtsil pada ayat 176, tasybi>h mursal mujmal pada ayat 179 dan 187. Adapun fungsi penggunaan gaya bahasa tasybi>h dalam ayat-ayat QS. al-A’ra>f yang mengandung tasybi>h yaitu: (1) Menjelaskan keadaan dan sifat dari musyabbah, pada ayat 57 yang menjelaskan keadaan manusia ketika dibangkitkan pada hari kiamat dan ayat 176 yang menjelaskan keadaan orang kafir yang berpaling dari keimanan kepada Allah, (2) Menjelaskan ukuran kekuatan dan kelemahan keadaan musyabbah pada ayat 179 yang menjelaskan kelemahan manusia yang tidak menggunakan akalnya untukmelihat tanda kekuasaan Allah, (3) Menetapkan keadaan musyabbah di hati pendengar, pada ayat 187 yang menjelaskan mengenai keadaan orang kafir yang selalu bertanya mengenai hari kiamat kepada Nabi dan menganggapnya mengetahui segala sesuatu mengenai hari kiamat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anwar Mujahidin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:55
Last Modified: 13 Jun 2023 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24375

Actions (login required)

View Item View Item