Perilaku Sosial Dalam Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Dewi, Mutianar Kartika (2023) Perilaku Sosial Dalam Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190075_MUTIANAR KARTIKA DEWI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbagai bentuk dan jenis perilaku sosial seorang individu pada dasarnya ialah sebuah karakter atau ciri kepribadian yang dapat kita amati ketika seseorang dengan orang lain. SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo masih ditemukan beberapa peserta didik khususnya pada kelas IV pada pembelajaran Penjasorkes mempunyai permasalahan diantaranya, Pertama, terdapat beberapa peserta didik pada saat pembelajaran Penjasorkes tidak mau melakukan gerakan yang diinstruksikan. Kedua, beberapa siswa mempunyai perilaku memilih teman dan masih mempunyai perilaku emosi dalam pembelajaran Penjasorkes. Ketiga, masih ada siswa yang suka berbuat gaduh seperti suka berbuat kejahilan dan bermain dengan sendiri.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bentuk perilaku peran pada pembelajaran Penjasorkes kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo (2) Untuk mengetahui bentuk perilaku dalam hubungan sosial pada pembelajaran Penjasorkes kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo (3) Untuk mengetahui bentuk perilaku ekspresif pada pembelajaran Penjasorkes siswa kelas IV Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Ponorogo
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, karena peneliti dapat meneliti terkait tentang kejadian dan aktivitas serta meneliti secara cermat dengan mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk perilaku peran yaitu pemberani, berkuasa, patuh, mandiri, bergantung. Pemberani, dalam berbicara di depan kelas tanpa malu-malu. Berkuasa, menyuruh dan meminta orang lain dalam melakukan yang dia inginkan seperti membelikan jajan. Patuh, pada pembelajaran Penjasorkes yaitu taat dalam aturan dan mudah diatur. Mandiri, perilaku tersebut dibuktikan pada saat jam kosong siswa berolahraga sendiri tanpa disuruh. Bergantung, masih ada beberapa siswa yang menyontek dan meminjam alat sekolah kepada temanya. (2) Bentuk perilaku dalam hubungan sosial yaitu dapat diterima orang lain, sulit diterima orang lain, suka bergaul, tidak suka bergaul, ramah, simpati. Perilaku dapat diterima orang lain dalam kelas IV yaitu memiliki sikap pemaaf. Sulit diterima orang lain, hal tersebut siswa masih senang menjahili temanya dan menuduh temanya. Suka bergaul, siswa kelas IV sangat mudah berinteraksi, satu kelas saling berinteraksi dan berbaur dengan baik. Tidak suka bergaul, siswa masih ada yang pendiam di kelas dan pada saat jam olahraga kelas IV dengan kelas lainya sulit untuk bergaul. Ramah, perilaku ramah siswa yaitu dengan sopan dan pada saat bertemu dengan teman dan guru selalu senyum dan sapa. Simpati, siswa memiliki perilaku tolong-menolong. (3) Bentuk perilaku ekspresif yaitu bersaing, kerjasama, agresif, kalem, pamer. Perilaku bersaing dalam kelas IV yaitu dalam persaingan dilakukan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dari temannya. Kerja sama, siswa kelas IV dalam bekerjasama bisa dilihat ketika berkelompok. Agresif, siswa masih sering mengejek, emosi atau marah dan berkelahi. Kalem/pendiam, siswa masih ada yang pendiam karena malu dan tidak ada teman. Pamer, siswa tidak boleh membawa barang mewah di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:51
Last Modified: 13 Jun 2023 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24373

Actions (login required)

View Item View Item