..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU PRAKERJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PENERIMA DI KECAMATAN SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO DITINJAU DENGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ria, Anik Nur (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU PRAKERJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PENERIMA DI KECAMATAN SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO DITINJAU DENGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190023_Anik Nur Ria_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ria, Anik Nur. Efektivitas Program Kartu Prakerja dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima di Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo Ditinjau Dengan Prespektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Candra Febrilyantri, M.Ak.
Kata kunci: Efektivitas, Program Prakerja, Kesejahteraan
Efektivitas adalah ukuran yang menunjukkan sejauh mana suatu tujuan ditinjau dari kuantitas, kualitas, dan waktu yang telah dicapai dalam manajemen, serta tujuan apa yang telah dicapai untuk menciptakan kreativitas. Keberadaan program kartu prakerja bagi para pencari kerja, orang yang kehilangan pekerjaan, serta bagi orang yang ingin meningkatkan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sangatlah penting guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program kartu prakerja di Kecamatan Sampung, untuk menganalisis strategi program kartu prakerja dalam proses seleksi di Kecamatan Sampung, untuk menganalisis efektivitas program kartu prakerja dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat di Kecamatan Sampung.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian lapangan penulis menyimpulkan: 1) Implementasi program kartu prakerja di Kecamatan Sampung sangat tinggi antusiasnya, baik pemerintah daerah maupun warganya. 2) Strategi yang dilakukan yaitu dengan menghadirkan tim IT ditiap desa serta menyebarluaskan informasi ini di media social. 3) Kesejahteraan masyarakat sendiri belum sepenuhnya terpenuhi, akan tetapi dari insentif yang didapatkan untuk tambahan modal usaha untuk kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Candra Febrilyantri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:54
Last Modified: 13 Jun 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24372

Actions (login required)

View Item View Item