Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VII A MTsN 8 Magetan

Kusniawati, Ratna (2023) Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VII A MTsN 8 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
inbound7800315336917319978.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kusniawati, Ratna. 2023. Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII A MTSN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci : Reading Aloud, Meningkatkan, Membaca Al-Qur’an
Dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an, seseorang yang membaca AlQur’an masih kurang baik atau tidak bisa sama sekali tentunya memerlukan bimbingan atau pengajaran dari seseorang yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sehingga dengan bimbingan tersebut, dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa tentu nya tidak lepas dari usaha guru
yang mempunyai tujuan demi keberhasilan siswa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an surah al-Quraisy dan al-Insyirah pada siswa kelas VII A MTsN 8 Magetan setelah menggunakan Reading Aloud, untuk memaparkan kemampuan guru dalam penerapan metode reading aloud pada pembelajaran al-Qur’an surah al-Quraisy dan al-Insyirah pada siswa kelas VII A MTsN 8 Magetan, serta untuk menjelaskan respon siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode reading aloud.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus penelitian. Pengambilan data dilakukan melalui data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Bersumber dari siswa
kelas VII A MTsN 8 Magetan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1)kualifikasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik” yaitu 80,76 dan pada siklus II dikategorikan ”baik sekali” dengan nilai rata-rata 90,38. Adapun kualifikasi aktivitas siswa pada siklus I masih kurang baik atau belum maksimal, karena baru mencapai 69,53. Sedangkan pada siklus II, aktivitas siswa sudah ada peningkatan dengan nilai rata-rata 81,64. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penerapan reading aloud dalam peningkatan kemampuan membaca alQur’an surah al- Quraisy dan al-Insyirah pada siswa kelas VII A MTsN 8 Magetan, dapat meningkat kualifikasi aktivitas guru dalam pembelajaran dan juga keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar (2) Penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an surah al-Quraisy dan surah al-Insyirah. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 69,89 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:52
Last Modified: 13 Jun 2023 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24368

Actions (login required)

View Item View Item