Pengaruh Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma'arif Cekok, Babadan, Ponorogo

Solikhah, Devi Rovi'atus (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma'arif Cekok, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190028-Devi Rovi'atus Solikhah-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang dan menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai. Penerapan media pembelajaran yang sesuai juga akan memberikan dampak bagi siswa, salah satunya yaitu kemampuan berbicara siswa dapat berkembang dan terlatih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan media pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media pembelajaran papan dan kartu misteri dapat diterapkan sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dan pengaruh media pembelajaran papan dan kartu misteri terhadap kemampuan berbicara siswa MI Ma’arif Cekok, Babadan, Ponorogo. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo, dengan populasi 270 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pre test dan post test.
Berdasarkan hasil analisis data ditunjukkan bahwa media pembelajaran papan dan kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil post test pada kelas eksperimen yang meningkat, dan adanya pengaruh media pembelajaran papan dan kartu misteri terhadap kemampuan berbicara siswa, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test, yang menunjukkan t hitung 8,792 lebih besar dibandingkan t tabel 2,02439, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Artinya Ho ditolak dan Hi diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran papan dan kartu misteri terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma’arif Cekok, Babadan, Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:51
Last Modified: 13 Jun 2023 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item View Item