KONTROL SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG REMAJA PEMINUM MIRAS DI DESA LEGUNDI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI

Kuncoro, Muhammad Rizal Eko (2023) KONTROL SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG REMAJA PEMINUM MIRAS DI DESA LEGUNDI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Muhammad Rizal Eko Kuncoro.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui perilaku menyimpang remaja peminum minuman keras di desa Legundi 2) Untuk mengetahui kontrol diri remaja peminum miras di desa Legundi 3) Untuk mengetahui kontrol sosial masyarakat terhadap remaja peminum miras di desa Legundi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara semi terstruktur dan observasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan lima informan diantaranya dua remaja dan tiga tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perilaku menyimpang remaja di desa Legundi selain meminum miras tetapi juga merokok, keluar malam, seks bebas dan narkoba. Hal tersebut didasari oleh faktor teman dan lingkungan masyarakat yang membuat mereka terjerumus melakukan perilaku menyimpang 2) Kontrol diri remaja di desa Legundi terbilang lemah karena remaja tidak bertanggung jawab dengan tugas, tidak menaati norma yang ada, melakukan perilaku menyimpang secara terang-terangan dan mudah terpengaruh dengan perilaku menyimpang 3) Kontrol Sosial dibagi menjadi dua yaitu kontrol sosial preventif dan kontrol sosial represif. Bentuk kontrol sosial preventif di desa Legundi meliputi kegiatan pemuda di tingkat desa, sosialisasi keagamaan, wawasan kebangsaan, merangkul dengan cara yang lembut, mengadakan pengajian, penyuluhan pada remaja dan operasi lingkungan. Sedangkan bentuk kontrol sosial represif di desa Legundi meliputi teguran keras, diserahkan kepada pihak berwajib, ancaman secara psikologis, dan tidak lanjut proses hukum kepolisian.
Kata Kunci: Perilaku Menyimpang Remaja, Kontrol Diri, Kontrol Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:01
Last Modified: 13 Jun 2023 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item