PERAN KELUARGA DALAM MELAKUKAN KONTROL PERILAKU MEROKOK REMAJA DI DESA SIDOKERTO KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI

Anjasari, Eva Kristina (2023) PERAN KELUARGA DALAM MELAKUKAN KONTROL PERILAKU MEROKOK REMAJA DI DESA SIDOKERTO KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Eva Kristina Anjasari.pdf

Download (886kB)

Abstract

Abstrak
Perilaku merokok diawali oleh rasa ingin tahu dan pengaruh teman sebaya. Perokok menyatakan bahwa setelah mencoba rokok pertama, seorang individu menjadi ketagihan merokok, dengan alasan-alasan seperti kebiasaan, menurunkan kecemasan, dan mendapatkan penerimaan. Perilaku merokok pada remaja umumnya semakin lama akan semakin meningkat sesuai dengan tahap perkembangannya yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi dan intensitas merokok, dan sering mengakibatkan mereka mengalami ketergantungan nikotin. Dari uraian tersebut peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui perilaku merokok remaja di desa Sidokerto kecamatan Karangjati kabupaten Ngawi. 2) Untuk mengetahui peran keluarga dalam melakukan kontrol terhadap perilaku merokok remaja di desa Sidokerto kecamatan Karangjati kabupaten Ngawi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara semi terstruktur dan observasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan enam informan diantaranya tiga remaja dan tiga orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh perilaku merokok remaja di desa Sidokerto yaitu faktor orang tua, dimana orang tua adalah figur contoh bagi anak, jika orang tua perokok berat tidak menutup kemungkinan anak mereka akan mencontohnya juga. Faktor biologis, dimana jika seseorang yang sudah mencoba untuk merokok pasti mereka akan ketagihan karena kandungan dari nikotin yang ada di rokok. Faktor psikologis, dimana jika merokok itu bisa membuat orang yang mengkonsumsinya bisa berkosentrasi dengan apa yang dialaminya. Faktor lingkungan sosial, dimana mereka melakukan perilaku merokok karena memperhatikan dan mendapatkan contoh dari lingkungan sosial mereka. Faktor teman sebaya, dimana faktor teman sebaya sangat berpengaruh dalam dukungan dalam segala hal seperti dukungan atau paksaan untuk melakukan perilaku merokok. 2) Peran keluarga dalam melakukan kontrol terhadap perilaku merokok. Upaya orang tua dalam menangani perilaku merokok pada remaja yaitu dengan memberikan contoh yang baik kepada anak. Karena orang tua adalah figur contoh bagi anak. Dan faktor yang mempengaruhi kontrol keluarga yaitu faktor internal (diri pribadi anak itu sendiri) dan faktor eksternal, dimana keluarga merupakan orang yang terdekat anak, pendidikan pertama juga dilakukan oleh keluarga. Orang tua harus jeli dalam mengawasi anak agar anak remaja mereka tidak melanggar norma yang ada, apalagi perilaku merokok dengan umur mereka yang masih menginjak remaja awal.

Kata Kunci: Kontrol Keluarga, Perilaku Merokok, Kontrol Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:50
Last Modified: 13 Jun 2023 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24361

Actions (login required)

View Item View Item