Safitri, Rizky Nadya (2023) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbantuan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas II MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190297_Rizky Nadya Safitri_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas II Al-Quddus MIN 6 Ponorogo dilatar belakangi oleh minimnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia, model pembelajaran bersifat konvensional; abstrak dan tidak sesuai kebutuhan perkembangan peserta didik, tidak ada media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar, dan rendahnya minat belajar bahasa Indonesia. Solusi atas probelamtika tersebut adalah dengan menghadirkan model pembelajaran sekaligus media pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berbicara. Model pembelajaran tersebut adalah SAVI berbantuan media wayang kertas. Model SAVI mewujudkan pembelajaran yang aktif dan kreatif, media wayang kertas mewujudkan kegiatan belajar yang menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Wayang Kertas dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada materi fabel di Kelas II Al-Quddus MIN 6 Ponorogo (2) peningkatan keterampilan berbicara peserta didik pada materi fabel dalam penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media wayang kertas di Kelas II Al-Quddus MIN 6 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggnakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Partisipan penelitian adalah peserta didik Kelas II Al-Quddus MIN 6 Ponorogo yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, verifikasi data, mengukur data, dan menghitung data. Analisis data pada penelitian ini diolah dan divisualisasikan dengan bantuan Software Microsot Excel.
Hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran SAVI yang di dalamnya termuat tahap persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil berbantuan media wayang kertas dapat meningakatkan keterampilan berbicara peserta didik; (2) peningkatan pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas adalah 49, kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI berbantuan media wayang kertas pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 59,21, pada tahap siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,05, dan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80, pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:49 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24358 |
Actions (login required)
View Item |