EFEKTIVITAS EKSTRA BANJARI DALAM MENINGKATKAN AKHIDAH AKHLAK DAN JIWA SOSIAL SISWA DI MTs MA'ARIF BALONG PONOROGO

Wijaya, Bayu Indra (2023) EFEKTIVITAS EKSTRA BANJARI DALAM MENINGKATKAN AKHIDAH AKHLAK DAN JIWA SOSIAL SISWA DI MTs MA'ARIF BALONG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190045 BAYU INDRA WIJAYA PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wijaya, Bayu Indra, 2023 Efektivitas Ekstra Banjari Dalam Meningkatkan Akhidah Akhlak Dan Jiwa Sosial Siswa Di MTs Ma’arif Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag
Kata kunci: Banjari, Akhlak, Jiwa Sosial
Setiap sekolah tentunya mengharapkan setiap siswanya memiliki perilaku yang terpuji. Dalam kenyataannya harapan itu belum bisa terwujud, masih banyak siswa yang belum mencerminkan perilaku yang baik. Beberapa siswa belum menunjukan sopan santunnya, kejujuran serta rendah hati, selain itu siswa belum mengenal satu sama lain sehingga siswa belum memiliki rasa tolong menolong dan kerjasama antar sesama di lingkungan sekolah. Sekolah memilih ekstra banjari untuk menarik minat belajar siswa serta sebagai media untuk memperbaiki perilaku tersebut dan untuk meningkatkannya agar siswa memiliki perilaku yang baik, karena didalam banjari terdapat materi tambahan dan kandungan salah satunya yaitu tentang akhlak dan jiwa sosial dengan cara pemberian materi secara lisan dan contoh yang diberikan.
Tujuan dari penelitian kali ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan ekstra banjari dalam meningkatkan akhlak dan jiwa sosial siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. (2) Untuk mengetahui efektivitas ekstra banjari dalam meningkatkan akhlak dan jiwa sosial siswa. (3) Untuk mengetahui keadaan akhlak dan jiwa sosial siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek penelitian di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 7,8,9 yang mengikuti ekstra banjari sebanyak 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan berasal dari siswa yang mengikuti ekstra banjari dan guru pembimbing di dalam ekstra banjari. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan ekstra banjari berupa penyampaian materi banjari cara bermain alat musik serta rumusnya, dilanjut dengan siswa berlatih memainkan alat musik banjari, selanjutnya pada saat istirahat dimanfaatkan untuk penyampaian materi yang terkandung dalam banjari khususnya akhlak dan jiwa sosial pada diri siswa, serta guru sebagai contoh teladan dalam berperilaku. (2) Ekstra banjari dapat dikatakan efektif, karena berdasarkan pemahaman program siswa telah diberikan edukasi bahwa dalam ekstra banjari tidak hanya bermain alat musik banjari tapi juga harus mengerti tentang perilaku yang harus tercermin setelah ekstra banjari dilakukan. Berdasarkan indikator tepat sasaran, bahwa ekstra banjari sudah tepat yaitu kepada siswa yang kurang menunjukkan akhlak yang baik dan jiwa sosial. Dari indikator tepat waktu, siswa yang sudah mengikuti semakin memiliki perilaku yang baik sebelum waktu yang ditentukan yaitu pertengahan semester. Dari indikator tercapainya tujuan, tujuan dari ekstra banjari yaitu selain digunakan untuk melatih memainkan alat musik banjari, di dalam ekstra banjari juga digunakan sebagai media meningkatkan akhlak dan jiwa sosial. Akhlak yang ditingkatkan seperti sopan santun, jujur, dan rendah hati, sedangkan jiwa sosial yaitu saling mengenal satu sama lain, tolong menolong, dan kerja sama. Akhlak dan jiwa sosial seperti itulah yang ditunjukkan siswa setelah mengikuti ekstra banjari sehingga dapat dikatakan efektif. (3) Keadaan akhlak yang meliputi perilaku baik sopan santun, jujur, dan rendah hati. Jiwa sosial siswa meliputi saling mengenal, tolong menolong, dan kerja sama. Akhlak dan jiwa sosial di MTs Ma'arif Balong Ponorogo sudah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:47
Last Modified: 13 Jun 2023 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24356

Actions (login required)

View Item View Item