..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MIN 04 Ponorogo

Kusuma, Cerina Catur (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MIN 04 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190025_CERINA CATUR KUSUMA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar dengan baik disebabkan adanya ancaman, hambatan, maupun gangguan dalam belajar. Setiap proses dalam pembelajaran dapat menempati tempat yang penting dalam belajar. Penyebab kesulitan belajar sendiri dikarenakan adanya beberapa faktor internal dan eksternal. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, siswa memerlukan bantuan, baik dalam mencerna bahan pengajaran maupun dalam mengatasi hal-hal lain. Kesulitan belajar harus dapat diketahui dan diatasi sedini mungkin sehingga tujuan instruksional dapat tercapai dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) kesulitan belajar siswa
kelas IV di MIN 04 Ponorogo pada Mata Pelajaran IPA, (2) faktor penyebab kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas IV di MIN 04 Ponorogo
dalam Mata Pelajaran IPA, (3) upaya yang dilakukan guru untuk menangani kesulitan belajar siswa kelas IV di MIN 04 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis diskriptif. Dengan tujuan untuk medapatkan data secara lengkap dengan bentuk diskripsi yang mendalam, serta mampu memberikan gambaran situasi sosial yang bermakna sehingga tujuan penelitian dapat tercapai dengan hasil yang sesuai.
Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kesulitan belajar IPA yang dialami siswa kelas IV MIN 04 Ponorogo yaitu kesulitan dalam memahami dan mengingat bahasa ilmiah/ istilah asing dan kesulitan dalam memahami konsep materi (2) Faktor penyebab kesulitan belajar IPA yaitu faktor internal berupa kecerdasan siswa yang berbeda-beda, sikap terhadap pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, motivasi belajar yang rendah. Faktor eksternal berupa
Kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, pengaruh teman
bermain, metode yang monoton dan media/ alat pembelajaran yang kurang menarik, sarana penunjuang pembelajaran yang terbatas. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA antara lain dengan mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar,
melokalisasi kesulitan belajar siswa, menentukan faktor penyebab kesulitan
belajar, memperkirakan alternatif bantuan, menetapkan kemungkinan cara mengatasinya, tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:46
Last Modified: 13 Jun 2023 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item