NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR ALALA TANALUL ILMA DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA SYEKH AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX

Ratuasari, Hartati (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR ALALA TANALUL ILMA DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA SYEKH AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_HARTATI RATUASARI_210316265 REV.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Ratuasari, Hartati. 2023, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Syair Alala Tanalul Ilma Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Karya Syekh Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbyiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pemimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I

Kata Kunci : Nilai Karakter, Syair Alala, Materi Akidah Akhlak

Pendidikan Karakter saat ini menjadi salah satu isu penting dalam pendidikan di Indonesia. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih menjadikan kultur dari nilai-nilai karakter anak bangsa. Permasalahan pendidikan karakter juga mendapat perhatian khusus dikalangan ulama terdahulu, diantaranya syekh az-zarnuji. Pendidikan karakter juga harus difokuskan dalam pendidikan formal baik melalui pembelajaran atau pembiasaan, salah satunya melalui pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini mengarah pada relevansi nilai-nilai karakter yang terdapat pada syair alala dalam kitab ta’lim muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji dengan materi akidah akhlak madrasah tsanawiyah kelas IX.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada syair alala tanalul ‘ilma dalam kitab ta’lim muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai karakter pada syair alala tanalul ‘ilma dalam kitab ta’lim muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji dengan materi akidah akhlak madrasah tsanawiyah kelas IX.
Penelitian ini merupakan penelitian library reaserch atau penelitian pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan content analysis atau analisis dokumen. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab alala tanalul ‘ilma karya syekh az-zarnuji dan sumber data skundernya di ambil dari buku, jurnal, maupun artikel yang relevan dengan tema penelitian.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Alala dalam kitab ta’lim muta’alim karya Syekh Az-zarnuji ada 10 yaitu nilai religius, kerja keras, toleransi dan cinta damai, peduli sosial, komunikasi dan bersahabat, mandiri, rasa ingin tahu, jujur, menghargai prestasi, dan tanggung jawab. (2) Relevansi nilai-nilai karakter pada syair Alala dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Al-Zarnuji dengan materi akidah akhlak madrasah tsanawiyah kelas IX cukup relevan. Dari 10 nilai karakter yang terdapat pada syair alala, sedikitnya ada 8 nilai karakter yang relevan dengan materi akidah akhlak kelas IX yaitu nilai karakter religius, kerja keras, toleransi dan cinta damai, peduli sosial, jujur, komunikasi dan bersahabat, mandiri dan rasa ingin tahu. Nilai-nilai karakter ini terdistrbusi dalam setiap materi sebagai berikut: bab 1: iman kepada hari akhir (religius), bab 2: akhlak terpuji pada diri sendiri (kerja keras), bab 3 : adab islami terhadap tetangga (toleransi, cinta damai, dan peduli sosial), bab 4 : keteladanan sahabat umar bin khattab (peduli sosial cinta damai dan jujur), bab 5 : iman kepada qadha dan qadar (religius), bab 6 : akhlak terpuji pergaulan remaja (komunkasi dan bersahabat, peduli sosial, dan toleransi), dan bab 8 : keteladanan sahabat usman bin affan dan ali bin abi tholib (peduli sosial, kerja keras, mandiri, dan rasa ingin tahu).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AFIF SYAIFUL MAHMUDIN
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:45
Last Modified: 13 Jun 2023 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item