Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Pemahaman Masyarakat dalam Bertransaksi di KSPPS BMT Beringharjo KC Ponorogo

Puspitasari, Putri (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Pemahaman Masyarakat dalam Bertransaksi di KSPPS BMT Beringharjo KC Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190154_PUTRI PUSPITASARI_ES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pemahaman masyarakat dalam bertransaksi yang sesuai dengan aturan-aturan Islam. Pemahaman dapat dipengaruhi oleh pengetahuan keuangan pribadi, tabungan dan pinjaman, investasi, serta asuransi syariah. Pertumbuhan banyak instansi yang akan terus meningkat membuat tren koperasi syariah terus mendapatkan nama. Akan tetapi hal ini tidak mejamin bahwa anggota atau masyarakat dalam koperasi berbasis Syariah ini memahami atau benar-benar mengerti mengenai keuangan dalam syariah atau peraturan Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah terhadap pemahaman dalam bertransaksi di KSPPS BMT Berigharjo KC Ponorogo. Regresi linier sederhana digunakan untuk membantu analisis penelitian. Variabel karakteristik yang digunakan adalah literasi keuangan individu, tabungan dan pinjaman, serta investasi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dependen yang digunakan adalah pemahaman dalam bertransaksi, sedangkan variabel dependennya adalah literasi keuangan syariah
Menggunakan data primer yang didapatkan langsung dari responden melalui kuesioner dan interview secara langsung. berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel tingkat literasi keuangan syariah bertanda positif yang artinya variabel tingkat literasi keuangan syariah searah dengan pemahaman dalam bertransaksi di koperasi syariah. Dikarenakan t hitung > t tabel (6,319 > 1.66105) maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa secara bersama-sama variabel literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap variabel pemahaman dalam pertransaksi. Nilai R Square sebesar 0,300 (30%), ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap pemahaman dalam bertransaksi sebesar 30%. Sedangkan sisanya 70% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diketahui atau diluar model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:59
Last Modified: 13 Jun 2023 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item