MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ATHFAL GONTOR

sholeh, nurwaini (2023) MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ATHFAL GONTOR. Masters thesis, iain ponorogo.

[img] Text
502210069 Nurwaini Sholeh MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

NURWAINI SHOLEH. Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal Gontor. Tesis, Pascasarjana, Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Ponorogo, Pembimbing : Dr Hj Shinta Maharani S.E, M.Ak
Key word: manajemen pembiayaan,mutu pendidikan

Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata fenomena pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal Gontor. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendapatkan diskripsi tentang kegiatan perencanaan pembiayaan pendidikan (budgeting), (2) pelaksanaan pembiayaan pendidikan (actuating), (3) pengawasan pembiayaan pendidikan (controlling) di madrasah tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi.
Pengujian keabsahan data didasarkan pada keterpercayaan, transferebilitas dependabilitas/ reliabilitas, dan konfirmabilitas/ objektifitas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal Gontor.
Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, perencanaan pembiayaan pendidikan (budgeting) merupakan proses mempersiapkan rangkaian keputusan untuk mengambil tindakan yang dijabarkan dalam konsep real untuk menjalankan kehidupan madrasah mendatang dengan pembiayaan yang terprogramkan untuk mencapai tujuan dan menghasilkan desain ideal, hasil perencanaan berupa efisiensi anggaran, pemaksimalan fungsi manajemen dan kebutuhan siswa terakomodir.
Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan (actuating) sebagai proses implementasi pembiayaan pendidikan melibatkan pelaksana bertindak sesuai perencanaan, pentingnya orientasi dan menggerakkan operator agar visi tercapai, dengan prosedur mengedepankan prinsip actuating dan kehati-hatian. Actuating membutuhkan pengorganisasian yang memperhatikan ketersediaan sumber daya dan memanfaatkan segala sesuatu yang telah ada sebagai bahan pertimbangan untuk mengorganisasikan program.
Ketiga, pengawasan pembiayaan pendidikan (controlling) berfungsi memonitoring seluruh aktifitas penggunaan pembiayaan anggaran pendidikan, mencegah terjadinya kesalahan, dan mencegah penyimpangan, kenyataannya masih terdapat pembiayaan yang tidak tercantum dalam APBM, sehingga diperlukan tambahan biaya dari sumber lain.
Keempat, mutu pendidikan menjadi sasaran pertama dan utama masyarakat atau pihak pelanggan karena pemenuhan sarana penunjang pendidikan serta pembelajaran yang tuntutannya semakin hari semakin bertambah dan beraneka ragam yang akhirnya menjadi perhatian bagi setiap lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: shinta maharani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 09:44
Last Modified: 12 Jun 2023 09:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24332

Actions (login required)

View Item View Item