Pesan Edukasi Dalam Film Animasi Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan (Analisis Wacana A Teun Van Djik)

Khasanah, Uswatun (2022) Pesan Edukasi Dalam Film Animasi Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan (Analisis Wacana A Teun Van Djik). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN (pdf.io).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Uswatun .2023. Pesan Edukasi Dalam Film Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan (Analisis Wacana Teun A Van Djik). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata Kunci : Pesan Eduksi, Film, Analisis Wacana Teun A Van Djik.
Film adalah bagian dari media komunikasi massa yang seringkali digunakan untuk menggambarkan kehidupan sosial dalam masyarakat. Keberadaan film ini cukup penting, sebab film kini juga telah menjadi sebuah media yang digunakan untuk menyebarkan pesan edukasi sebagai upaya guna meningkatkan pengetahuan masyarakat. Salah satunya adalah Film Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan. Film ini mengangkat tema pendidikan yang dimana banyak mengandung pesan – pesan edukasi yang erat dengan kehidupan sehari – hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana teks, kognisi sosial, konteks serta untuk menganalisa pesan edukasi yang terkandung dalam film Film Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan analisis wacana kritis Teun A Van Djik.
Berdasarkan hasil penelitian, pada Film Upin dan Ipin Perintah Kawalan Pergerakan pada segi teks menjelaskan tentang keadaan keluarga Upin dan Ipin saat terjadinya pandemi menggunakan skema penulisan pendahuluan dan diakhiri penutup serta menggunakan detail-detail untuk menegaskan pesan yang ingin disampaikan. Kognisi sosial pada Film ini terinspirasi dari peraturan pemerintah dan WHO. Konteks sosial pada film ini ketika ditemukannya virus COVID 19 di China. Lalu yang terakhir pesan edukasi pada film ini berupa pesan edukasi moral, kesehatan, serta ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Pranowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:02
Last Modified: 13 Jun 2023 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24331

Actions (login required)

View Item View Item