Intenalisasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTsN 3 Ponorogo

Mahmudah, Alfiatul (2023) Intenalisasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTsN 3 Ponorogo. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190012_ALFIATUL MAHMUDAH_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahmudah, Alfiatul. 2023. Internalisasi Budaya Sekolah dalam membentuk karakter Religius Siswa di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci : Internalisai, Budaya Sekolah, Karakter Religius
Di Indonesia, pendidikan karakter sudah lama diterapkan, namun dalam implementasinya bisa dibilang belum berhasil karena dalam realitanya masih banyak ditemukan beberapa permasalahan berkaitan dengan kurang berhasilnya lembaga pendidikan dalam membentuk karakter. Hal ini terlihat dari beberapa kasus yang marak terjadi di kalangan anak usia remaja seperti pergaulan bebas, kasus bullying pada kalangan pelajar, dan lain sebagainya. Sehingga, sangat penting untuk menginternalisasikan nilai-nilai pada siswa utamanya karakter religius. Karakter religius merupakan salah satu karakter yang diperlukan oleh siswa dalam menghadapi degradasi moral seiring pesatnya perkembangan. Hal ini memiliki harapan agar siswa memiliki kepribadian dan perilaku yang sesuai dengan ukuran baik dan buruk yang berdasar ajaran agama islam. Dalam membentuk karakter religius di sekolah salah satunya dapat dilakukan dengan menginternalisasikan budaya sekolah. Salah satu sekolah yang memiliki budaya sekolah dengan tujuan untuk membentuk karakter religius siswanya yaitu MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mendiskripsikan budaya sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 3 Ponorogo, dan (2) mendeskripsikan kontribusi budaya sekolah terhadap karakter religius di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana data disajikan dalam bentuk kata-kata serta dokumen. Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah, guru serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis reduksi data yakni memilah-milah data yang diperoleh sesuai fokus penelitian, kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk uraian, selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan serta dapat menjawab pertanyaan dari fokus penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di MTsN 3 Ponorogo: (1) Pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 3 Ponorogo adalah melalui kegiatan rutin baik yang dilakukan harian ataupun mingguan yang meliputi : 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, Melantunkan Asmaul Husna, Membaca Al-Qur’an, Sholat Berjamaah, Jum’at Taqwa, dan Infak Jum’at. (2) Kontribusi budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di MTsN 3 Ponorogo yaitu berkontribusi dalam nilai kesantunan siswa dengan melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun); nilai tawakal melalui budaya berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran; nilai ketaatan kepada Allah melalui budaya melantunkan asmaul husna, membaca al-Qur’an, sholat berjamaah dan jum’at taqwa; serta nilai keikhlasan melalui budaya infak jum’at.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:21
Last Modified: 13 Jun 2023 04:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item