Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMAN 1 Sambit Ponorogo

Ayu Fitria, Annisa (2023) Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMAN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190029 Annisa Ayu Fitria PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitria, Annisa Ayu. 2023 . Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMAN 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, S.Pd.I.

Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku siswa yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran, hasilnya dituangkan dalam bentuk angka atau nilai yang disebut sebagai hasil belajar. Seperti yang sering terjadi di kelas siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa terkadang berbicaa dengan teman ketika guru menjelaskan materi, dan guru jarang memberikan tugas kepada siswa, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal atau masih di bawah KKM. Dengan berorientasi dengan masalah inilah peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan Metode Resitasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Melalui Metode Resitasi pembelajaran ini dapat melatih siswa untuk belajar mandiri atau mempertanggujawabkan tugasnya sendiri atau kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Apakah Penerapan Metode Resitasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan II Siklus. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan di setiap siklusnya, antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sambit Ponorogo yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mampu meningkat dengan menggunakan Metode Resitasi. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian hasil belajar siswa mengenai peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa. Pada siklus I pencapaian ketuntasan sebesar 36% dengan nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 73,00%. Lalu pada siklus II pencapaian ketuntasan sebesar 87% dengan rata-rata 81,33%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan Metode Resitasi efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Sambit Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:20
Last Modified: 13 Jun 2023 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24324

Actions (login required)

View Item View Item