Peran Guru PAI dalam Penanaman Sikap Toleransi Beragama melalui Metode Habituasi Pada Siswa (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo).

Winih, Sri (2023) Peran Guru PAI dalam Penanaman Sikap Toleransi Beragama melalui Metode Habituasi Pada Siswa (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190269 SRI WINIH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Winih, Sri. 2023. Peran Guru PAI dalam Penanaman Sikap Toleransi Beragama Melalui Metode Habituasi Pada Siswa (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.

Kata Kunci : Peran Guru, Toleransi Beragama, Metode Habituasi.

Dalam ranah pendidikan di Indonesia, toleransi sendiri harus ditanamkan pada diri seorang peserta didik. Salah satu peran yang sangat penting untuk meningkatkan suatu kualitas kerukunan antar umat beragama yaitu Guru Pendidikan Agama Islam yang mana dalam ranah pendidikan Islam sebagai seorang pendidik harus mampu untuk menanamkan sikap toleransi antar umat beragama dan juga menerima suatu perbedaan yang ada disekitarnya sehingga para peserta didik mampu menanamkan sikap toleransi kepada teman yang lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan penerapan metode habituasi dalam penanaman sikap toleransi beragama pada siswa SMK PGRI 2 Ponorogo (2) mendeskripsikan apa hambatan dari metode habituasi dalam penanaman sikap toleransi beragama pada siswa SMK PGRI 2 Ponorogo (3) menjelaskan dampak dari metode habituasi dalam penanaman sikap toleransi beragama pada siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis peelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1. Penerapan metode habituasi dalam penanaman sikap toleransi beragama pada siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo dengan menjadikan suatu perbedaan yang ada menjadi suatu kekompakan yang mana dari pihak sekolah sendiri juga memberikan suatu kebebasan untuk peserta didik yang non-muslim terkait pembelajaran PAI khususnya 2. Hambatan dari Metode Habituasi itu sendiri juga tidak terlalu signifikan di sekolah sendiri juga peserta didik dibiasakan untuk memiliki tenggang rasa yang tinggi dan menerima perbedaan serta rasa saling menghargai 3. Dampak dari Metode Habituasi yaitu dengan rasa yang lebih bisa menghargai dengan perbedaan yang ada, dan membangun kebersamaan yang erat, dampak yang dirasakan oleh pihak sekolah secara langsung dan membawa suatu perubahan dari peserta didik sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:38
Last Modified: 13 Jun 2023 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24322

Actions (login required)

View Item View Item