Pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen di Instagram @madiunngemil

Utami, Ika Lestari Bhekti (2023) Pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen di Instagram @madiunngemil. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESES IKA LESTARI BHEKTI UTAMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Utami, Ika Lestari Bhekti, 2023. Pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen di Instagram @madiunngemil. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.

Kata Kunci: Viral Marketing, Minat Beli Konsumen, Instagram, Followers

Media sosial menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang mengharuskan pelaku industri di bidang kuliner melakukan inovasi agar menarik minat konsumen. Penggunaan media sosial di dalam pemasaran bisnis disebut e-marketing yang berguna untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet. Dengan menggunakan teknik yang tepat maka pelaku bisnis dapat mengetahui sejauh mana produk mereka dipasarkan. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis pasti memiliki teknik tersendiri untuk pemasaran, salah satu yang berkembang saat ini ialah Viral Marketing. Konsep dari Viral marketing sendiri yakni teknik pemasaran untuk menyebarkan pesan menggunakan jejaring sosial. Dengan menggunakan media sosial maka semakin mempermudah konsumen dapat berinteraksi secara online, salah satunya dengan menggunakan Instagram. Penggunaan Instagram ini sangat variatif, seperti halnya akun @madiunngemil yang menawarkan berbagai macam pilihan kuliner sebagai preferensi masyarakat dalam memilih makanan yang ada di Madiun dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Viral Marketing terhadap minat beli konsumen di akun Instagram @madiunngemil dan juga seberapa besar pengaruh Viral Marketing terhadap minat beli konsumen di akun Instagram @madiunngemil.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif yang memiliki sifat asosiatif. Metode yang digunakan adalah survei sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang diambil dari populasi yang terdiri dari followers akun Instagram @madiunngemil yang berjumlah 134.000 pengikut dan memperoleh sampel sebanyak 70.
Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) Viral Marketing akun Instagram @madiunngemil memiliki pengaruh yang besar terhadap minat beli konsumen, 2) Besarnya pengaruh dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi Viral Marketing yang signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 85,93% sedangkan sisanya sebesar 14,07% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti pada variabel messenger, message, dan environment. Perolehan hasil tersebut didapat dari nilai thitung (20,374) > ttabel (1,677). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perolehan hasil yang didapatkan menyatakan HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:52
Last Modified: 12 Jun 2023 08:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item View Item