Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk Madrasah Unggul yang Kompetitif (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo)

Muthiarrochman, Shofia (2023) Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk Madrasah Unggul yang Kompetitif (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190113_Shofia Muthiarrochman_MPI.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Muthiarrochman, Shofia. 2023. Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk
Madrasah Unggul yang Kompetitif di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Program Kelas Bina Prestasi, Unggul, Kompetitif
Berdasarkan riset dari UNESCO, saat ini kualitas pendidikan di Indonesia masih dalam
kategori rendah. Hasil riset KEMENAG juga menyatakan bahwa di Indonesia masih minim
madrasah yang mendapat akreditasi A. Adanya riset tersebut menyebabkan bertambahnya
kesadaran pihak lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan masing-
masing. Di tambah saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya pendidikan, sehingga
menjadikan lebih selektif dalam memilih lembaga pendidikan. Beberapa faktor tersebut
menimbulkan persaingan antar lembaga pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan
kualitas dan daya saing lembaga pendidikan yaitu dengan mengadakan program unggulan salah
satunya adalah program kelas bina prestasi. Program kelas bina prestasi perlu dikelola dengan baik
agar tujuan program yang diinginkan segera tercapai khususnya dalam membentuk madrasah
unggul yang kompetitif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Perencanaan program kelas bina prestasi
dalam membentuk madrasah unggul yang kompetitif di MTsN 3 Ponorogo. 2) Pengorganisasian
program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggul yang kompetitif di MTsN 3
Ponorogo. 3) Pelaksanaan program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggul yang
kompetitif di MTsN 3 Ponorogo. 4) Evaluasi program kelas bina prestasi dalam membentuk
madrasah unggul yang kompetitif di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Ponorogo.
Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik ketekunan
pengamatan, triangulasi, dan pengecekan narasumber (membercheck).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa manajemen program kelas bina prestasi
dalam membentuk madrasah unggul yang kompetitif terdiri dari 1) Perencanaan, yaitu penetapan
tujuan program, analisis kebutuhan madrasah terhadap program, perencanaan jadwal kegiatan
program, penentuan strategi pelaksanaan program, penentuan pihak yang diajak bekerja sama,
penentuan target pencapaian bagi peserta didik, serta penentuan tujuan jangka menengah dan
panjang program. 2) Pengoganisasian yaitu, membentuk struktur tersendiri bagi Tim Pengelola
Program, menentukan koordinator setiap kelas, membagi tugas mengajar pembinaan intensif
setiap kelas, menentukan anggota Tim IT MTsN 3 Ponorogo. 3) Pelaksanaan, yaitu melakukan
rekrutmen peserta didik, melakukan pembinaan intensif bagi peserta didik, memberikan kegiatan
penunjang peserta didik, mengikuti berbagai macam perlombaan, menyediakan sarana prasarana
yang memadai, pembelajaran hari-hari efektif menggunakan metode Problem Based Learning,
pembelajaran menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebijakan pemerintah dan acuan
materi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. 4) Evaluasi, bagi tim pengelola a)
Melakukan monitoring seluruh kegiatan, b) Melaporkan hasil temuan saat kegiatan monitoring, c)
Mencari solusi dari setiap masalah, d) Menyiapkan strategi pemecahan masalah. Bagi peserta
didik, a) Penilaian peserta didik b) Membuat raport hasil belajar peserta didik. Hasil evaluasi
program tersebut berjalan dengan baik dan terus menunjukkan perkembangan setiap tahunnya,
dibuktikan dengan dibukanya 2 kelas baru yaitu kelas olahraga dan multimedia. Sedangkan hasil
evaluasi peserta didik setiap tahunnya terdapat peningkatan prestasi yang diraih oleh peserta didik
baik di bidang akademik maupun non akademik. Hal tersebut membuktikan MTsN 3 Ponorogo
mampu menjadi madrasah yang unggul dan mampu bersaing dengan sekolah/madrasah lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:53
Last Modified: 12 Jun 2023 08:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24318

Actions (login required)

View Item View Item