Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Kitab Aqidatu Al-Awam dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak di MTs Kelas 8

Lutfiyanti, Fauziyah Dwi (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Kitab Aqidatu Al-Awam dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak di MTs Kelas 8. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180082_Fauziyah Dwi Lutfiyanti_Pendidikan Agama Islam_024511.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lutfiyanti, Fauziyah Dwi. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Kitab ‘Aqīdatu Al- ‘Awām Dan Relevansinya Dengan Materi Aqidah Akhlak Di MTs Kelas 8. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Moh Munir, Lc., M.Ag.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak, Kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām, Relevansi, Materi Aqidah Akhlak di MTs Kelas 8
Setiap manusia berhak dan wajib memperoleh pendidikan. Hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh pendidikan yaitu melalui proses pembelajaran atau bisa diartikan proses transfer Ilmu yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Namun untuk memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari perlu adanya aqidah atau keyakinan yang kuat karena seorang pendidik ataupun peserta didik harus mempunyai keyakinan bahwa menyampaikan ataupun memperoleh pendidikan adalah sebuah kewajiban yang diperintahkan Allah SWT, untuk memperkuat keyakinan tersebut peserta didik harus mempelajarinya melalui media yang mendasar terlebih dahulu seperti kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām yang menjadi materi pokok dari kitab tersebut adalah “Aqaid Lima Puluh” yang menjadi dasar berpijak kaum nahdliyin. Kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām karya Imam Al-Marzukiy atau sering dikenal dengan nama Ahmad Al-Marzuky. Beliau adalah seorang mufti mazhabul-Maliki di Makkah. Beliau adalah seorang yang sangat ‘alim dan wara’, bahkan dikenal sebagai waliyullah. Materinya berbentuk syair atau nadhom dan Aqidah Islamiyah berupa lima pokok keimanan yang terdiri dari Iman kepada Allah, Iman kepada malaikat, kitab-kitab Allah, para rasul dan hari akhir Allah SWT.
Penulis didalam penelitianya memiliki beberapa tujuan yang relevan yang sudah dikaji dan ditelaah untuk memecahkan suatu masalah. diantaranya yaitu: pertama, untuk mengetahui Nilai-nilai apa yang terkandung dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām karya Imam Al-Marzukiy dan buku materi Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah kelas 8. Kedua, untuk mengetahui Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak yang terkandung dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām dengan materi aqidah akhlak yang terdapat di Madrasah Tsanawiyah kelas 8.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research). Kajian pustaka (Library Research) adalah telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah, yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan–bahan pustaka yang relevan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Nilai-nilai aqidah akhlak yang terdapat di dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām karya Imam Al-Marzukiy meliputi 5 perkara dalam beriman yakni : Iman kepada Allah beserta sifat-sifat yang di miliki oleh Allah, Iman kepada para Nabi dan Rasul-Rasul Allah beserta sifat-sifatnya, Iman kepada Malaikat-malaikat Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah beserta para utusannya, Serta Iman kepada Hari Akhir Allah SWT. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Aqidah Akhlak yang terkandung dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām dengan materi aqidah akhlak yang terdapat di Madrasah Tsanawiyah kelas 8 yaitu bab iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah, Iman kepada Rasul Allah, Iman kepada Kitab-kitab Allah, serta Iman kepada hari akhir. Ada 5 rukun Iman yang di bahas dalam kitab‘Aqīdatu Al-‘Awām. Sedangkan dalam materi aqidah akhlak di kelas 8 Madrasah Tsanawiyah yang termasuk dalam nilai-nilai Tauhid adalah Bab Iman kepada Kitab-Kitab Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:41
Last Modified: 13 Jun 2023 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24316

Actions (login required)

View Item View Item